Kenapa AS Sempat 'Maju-Mundur' Kirim Tank M1 Abrams ke Ukraina?

CNN Indonesia
Rabu, 25 Jan 2023 19:01 WIB
Amerika Serikat tengah mempersiapkan pengiriman tank M1 Abrams ke Ukraina setelah sempat ogah-ogahan. Tank M1 Abrams buatan AS bersiap dikirim ke Ukraina. (AFP/JONATHAN NACKSTRAND)
Jakarta, CNN Indonesia --

Amerika Serikat tengah mempersiapkan pengiriman tank M1 Abrams ke Ukraina untuk melawan balik gempuran Rusia.

Persiapan itu dilakukan setelah AS ogah-ogahan menyetujui pengiriman tank Abrams ke Kyiv, sama halnya dengan Jerman yang bersikeras enggan mengirim Leopard 2 untuk menopang Ukraina melawan Kremlin.

Kenapa AS maju mundur kirim tank Abrams ke Ukraina?

Juru bicara keamanan nasional AS John Kirby menjelaskan keputusan Washington mengirim tank Abrams ke Kyiv semata-mata bergantung pada kebutuhan Ukraina hingga pertimbangan teknis soal pengoperasian dan pemeliharaan tank.

[Gambas:Video CNN]

"Kami sudah bicara terkait fakta bahwa Abrams adalah sistem yang sangat mumpuni, tetapi Abrams adalah sistem yang sangat mahal untuk dioperasikan dan dipelihara," kata Kirby kepada Anderson Cooper dari CNN.

Dia berkata, "Abrams memiliki mesin jet, bukan berarti Ukraina tidak bisa mempelajari itu, hanya saja kita harus memperhitungkan semua hal tersebut dengan sistem apa pun yang berpotensi kita berikan untuk mereka."

Kirby pun mengakui kerumitan sistem Abrams berperan dalam keputusan AS untuk berbagi tank dengan Ukraina.

"Tanpa mendahului keputusan apa pun yang belum disampaikan, saya hanya akan memberitahu Anda bahwa lagi-lagi, dengan sistem canggih apa pun, Anda harus mempertimbangkan hal-hal seperti rantai pasokan dan waktu pemeliharaan," ujar Kirby.

"Dan seberapa sering Anda bisa membuatnya tetap beroperasi serta bagaimana Anda menggunakannya secara efektif."

Lanjut baca di halaman berikutnya...

AS Kirim Tank yang Lebih Canggih ke Ukraina

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER