Dorong Ekonomi Kecil, Ahok Tawarkan Program Pasar Malam

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Rabu, 07/12/2016 23:29 WIB
Pedagang Pasar Malam hanya dikenakan sewa Rp5 ribu per hari. Ahok yakin program itu bisa mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yakin program pasar malam bisa membantu mengembangkan pelaku usaha kecil, mikro dan menengah di ibu kota. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Gubernur petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana membuat Night Market atau Pasar Malam di sejumlah jalan utama Jakarta. Pasar malam itu bakal dijadikan tempat menampung para pedagang kaki lima yang kerap berjualan di pinggir jalan.

Pasar Malam adalah salah satu strategi Ahok untuk mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Rencananya, Pasar Malam itu akan digelar di Jalan MH Thamrim dan Medan Merdeka Selatan.

"Kita bikin di Merdeka Selatan, Nanti yang sebelah Hotel Sari Pan Pacific, Sarinah, itu akan jadi model night market," kata Ahok, sapaan Basuki, di Rumah Lembang, Jakarta, Rabu (7/12).


Ahok memaparkan rencananya yang bakal memanfaatkan tanah sengketa di antara Hotel Sari Pan Pasific dan Bank Syariah Mandiri. Nantinya, para pedagang di Jalan Sabang, jalan penghubung menuju MH Thamrin, akan dipindahkan ke lokasi itu.

Menurut Ahok, cara ini efektif untuk mengatasi kemacetan akibat PKL yang berjualan di pinggir Jalan Sabang itu.

"Supaya di Sabang bisa geser. Kalau enggak di Sabang macet, harusnya Jalan Sabang sudah bagus," ujar Ahok.

Selain di lokasi itu, Ahok juga bakal membuat Night Market di Jalan Tongkol, Kota Tua dan Kemayoran. Ia mengatakan sedang mencari jalanan yang bisa ditutup di malam hari untuk dijadikan Night Matket.

Nantinya, PKL yang berjualan di Night Market itu bakal dikenai harga murah yakni Rp5 ribu per hari. Para pedagang juga disyaratkan memiliki akun di Bank DKI untuk memudahkan pendataan.

Bagi penjual makanan juga harus mendaftarkan produknya di BPOM. Persyaratan itu, menurut Ahok, bertujuan untuk mencegah oknum-oknum yang bermain. (wis/rel)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK