Pencarian Pesawat

Pemda Belitung Timur Kerahkan Segala Upaya untuk Cari QZ8501

Abraham Utama, CNN Indonesia | Selasa, 30/12/2014 06:30 WIB
Pemda Belitung Timur Kerahkan Segala Upaya untuk Cari QZ8501 Basuri Tjahja Purnama, Bupati Belitung Timur. (CNN Indonesia/Noor Aspasia Hasibuan)
Belitung Timur, CNN Indonesia -- Pemerintah Daerah Belitung Timur mengerahkan segala daya untuk menemukan pesawat AirAsia QZ8501. Bupati Belitung Timur Basuri Tjahaja Purnama mengatakan sejak mendapatkan informasi hilang kontaknya AirAsia QZ8501 dengan menara ATC di Indonesia, Pemda Belitung Timur langsung berinisiatif membentuk posko bersama.

Adik Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama itu berkata, ketika itu TNI AL dan Kapolres Belitung Timur AKBP Nugrah Trihadi langsung berangkat ke Pulau Nangka yang dicurigai sebagai lokasi terakhir pesawat berpenumpang 155 orang itu.  Upaya itu merupakan bentuk kesungguhan pemerintahan Belitung Timur dalam membantu Basarnas sebagai koordinator operasi SAR.

"Pemda, TNI, Kapolres dan Dandim sudah mendukung penuh. Saya tidak bisa bicara apapun lagi kalau ditanya akan memberikan dukungan seperti apa," ujar Basuri.


Basuri bahkan akan menggelar upacara adat pagi ini, Selasa (30/12). "Jam sembilan pagi di Posko Manggar, kami adakan doa bersama. Pemda sudah mengundang tetua-tetua adat," kata dia.

Tujuan upacara adat itu, menurut Basuri, untuk meminta berkah dan khidmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa agar operasi pencarian pesawat rute Surabaya-Singapura itu berjalan mudah.

Basuri juga berharap seluruh pihak yang ikut serta dalam operasi SAR selamat dari segala bahaya. Rencananya, upacara adat juga akan dihadiri Gubernur Bangka Belitung Rustam Effendi dan Kapolda Bangka Belitung Brigjen Pol Gatot Subiyantoro.