Laporan Keuangan KPK Siap Diaudit

Gilang Fauzi, CNN Indonesia | Rabu, 11/03/2015 15:53 WIB
Laporan Keuangan KPK Siap Diaudit Plt Ketua KPK, Taufiequrrahman Ruki (kiri) dan Indriyanto Seno Adji (kanan) saat memberikan keterangan pers seusai aksi ratusan karyawan KPK di depan kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Selasa, 3 Maret 2015. CNN Indonesia/Safir Makki
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemberantasan Korupsi menyerahkan laporan keuangan tahun 2014 ke Badan Pemeriksa Keuangan, Rabu (11/3). Penyerahan laporan itu diserahkan langsung oleh seluruh jajaran pimpinan KPK dan diterima oleh jajaran pimpinan BPK.

Pelaksana tugas Ketua KPK Taufiequrachman Ruki menyatakan, laporan keuangan tahunan itu merupakan bentuk pertanggungjawaban KPK atas penggunaan uang negara. Dia mempersilakan BPK untuk mengaudit laporan keuangan itu secara menyeluruh.

"Kami bukan lembaga yang tertutup dalam peti besi dan tak bisa dijamah. Apabila ada temuan, silakan diperiksa. Kami berusaha mempertanggungjawabkan sebesar apapun rupiah yang diterima," ujar Ruki di Gedung BPK RI, Jakarta.


Ruki menyatakan, KPK wajib diperlakukan sama laiknya seluruh lembaga yang ada di Indonesia. Dia menghendaki agar BPK melaporkan temuan apapun yang sekiranya mencurigakan.

Sementara itu Ketua BPK Harry Azhar Aziz menyatakan bakal mengkaji laporan keuangan yang telah resmi diserahkan oleh KPK. Menurut Harry, KPK selama ini merupakan lembaga yang memiliki catatan laporan keuangan yang baik berdasarkan hasil audit BPK.

"Hasil laporan keuangan KPK selama ini selalu mendapat opini wajar tanpa pengecualian. Kami berharap untuk tahun 2014 mereka mencapai opini yang sama," ujar Harry.

Selain melaporkan hasil keuangan tahunan, KPK dan BPK juga menjalin pembaruan kerja sama antarlembaga. Mereka sepakat untuk bersinergi di bidang pencegahan dengan penindakan sesuai dengan fakta dan temuan BPK maupun yang diupayakan oleh KPK.

Dalam pertemuan tersebut, dari BPK dihadiri oleh Ketua BPK RI Harry Azhar Aziz, Wakil Ketua BPK RI Sapto Amal Damandari, Anggota VI BPK RI Bahrullah Akbar, Anggota V BPK RI Moermahadi Soerja Djajanegara, Anggota III BPK RI Eddy Mulyadi Soepardi, dan Anggota II BPK RI Agus Joko Pramoni.

Adapun dari pihak KPK hadir Pelaksana tugas Ketua KPK Taufiequrachman Ruki, Plt Wakil Ketua KPK Indriyarto Seno Adji dan Johan Budi, serta Wakil Ketua KPK Zulkarnain dan Adnan Pandu Praja.

(obs/obs)