Diisukan Akan Diganti, Andi Widjajanto 'Kabur' dari Kantor

Resty Armenia, CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2015 11:54 WIB
Andi bersama Staf Setkab, Jaleswari Pramodhawardani naik Toyota Fortuner hitam B 1194 RFS meninggalkan Gedung Utama Sekretariat Negara. Mobil yang ditumpangi Andi Widjajanto untuk pergi meninggalkan kantornya jelang reshuffle, Rabu (12/8). (Detikcom/Ray Jordan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto diisukan akan menjadi target perombakan kabinet yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini. Ia kabarnya akan digantikan politisi senior PDI Perjuangan, Pramono Anung.

Berdasarkan pantauan CNN Indonesia di Gedung Utama Sekretariat Negara yang juga merupakan kantor Andi, ahli kajian strategis itu terlihat secara sangat tergesa-gesa meninggalkan kantornya. (Baca juga: Foto Andi di Jajaran Mantan Sinyal Pramono Jadi Seskab)

Andi yang mengenakan batik lengan panjang berwarna cokelat itu pun enggan memberikan komentar apapun dan langsung memasuki mobil Toyota Fortuner hitam bernomor polisi B 1194 RFS. Ia nampak didampingi Staf Setkab, Jaleswari Pramodhawardani.


Mobil tersebut lantas berjalan menuju pagar samping gedung kantornya yang terhubung langsung dengan Kompleks Istana Kepresidenan, tepatnya di sisi kiri Istana Negara.

Sadar diikuti kamera wartawan, mobil dinas Andi itu kemudian melaju sangat kencang di halaman parkir belakang Istana Negara menuju pintu keluar di Jalan Veteran. (Baca juga: Jelang Reshuffle, Tujuh Menteri Menghadap Jokowi Tadi Malam)

Seperti diberitakan sebelumnya, nama Pramono Anung disebut Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno sudah disodorkan ke Jokowi untuk mengisi posisi itu.

"Kami sejak awal sudah siapkan, sekarang tinggal Pak Jokowi perlu pos mana dan siapa yang cocok," kata Hendrawan kepada CNN Indonesia.

Sudah lama nama mantan Wakil Ketua DPR ini disebut-sebut bakal masuk ke Kabinet Jokowi. Pramono Anung dinilai memiliki kemampuan komunikasi politik yang baik. Kemampuan itu akan jadi kunci utama untuk mencari keseimbangan antara pemerintah dengan DPR. (Baca juga: Resmi, Darmin Nasution Bakal Dilantik jadi Menko Ekonomi)

Sejak Jokowi mengumumkan Kabinet Kerjanya, komunikasi politik antara DPR dengan pemerintah berada dalam kondisi yang cukup tegang. Program Jokowi banyak yang masih belum bisa direalisasikan karena komunikasi politik yang tidak berjalan baik. Demikian juga hubungan Jokowi dengan PDIP.

Banyak sekali politisi PDIP mengeluh karena tidak bisa berkomunikasi langsung dengan Jokowi. Penilaian para politisi PDIP terhadap kinerja para menteri Jokowi juga banyak yang buruk. Tudingan kemudian diarahkan ke Andi karena tidak bisa berkomunikasi politik dengan baik. Desakan untuk menggantikannya dengan sosok politisi PDIP senior yang matang menguat. Pramono dinilai sosok yang tepat. (Baca juga: NasDem Benarkan Menteri Tedjo Berpamitan Lewat Pesan Singkat)

Selain itu, foto Andi juga sudah dipajang di dinding lobi Gedung Utama Sekretariat Negara. Dinding itu untuk memajang mereka yang pernah menjadi seskab. Foto Andi Widjajanto dipasang persis disamping Dipo Alam yang pernah menjadi seskab di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

BACA FOKUS: Bongkar Pasang Menteri Jokowi

(hel)