Jelang Bubar Final, Pengamanan Pancoran Diperketat

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Minggu, 18/10/2015 22:03 WIB
Jelang Bubar Final, Pengamanan Pancoran Diperketat Polisi memperketat pengamana di jalur kepulangan bobotoh pasca final Piala Presiden. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jelang bubaran final Piala Presiden, pengamanan di sepanjang jalan dari Semanggi menuju Pancoran mulai diperketat. Aparat keamanan pun mulai bersiaga.

Berdasarkan pantauan CNN Indonesia, setiap jalur keluar masuk tol dalam kota dijaga dua hingga tiga mobil kepolisian. Sementara, 5-10 personel berjaga di setiap jembatan penyebrangan.

Keamanan yang cukup ketat juga terlihat di sekitaran Pancoran dan MT Haryono. Terpantau, lima kendaraan kepolisian bersiaga di depan halte bus TransJakarta MT Haryono, yang menjadi tempat posko pengamanan.


Sekitar satu kompi atau setara 100 lebih personel gabungan, disiagakan untuk mengantisipasi potensi kericuhan. Kekuatan juga ditambah dengan puluhan pasukan brimob bermotor yang melakukan patroli.

Sebelumnya, Kepala Penegakan Aturan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Harun pagi tadi mengatakan, jumlah aparat yang disiagakan sepanjang jalan Pancoran hingga Jakarta Convention Centre terdiri dari kurang lebih 600 personel gabungan.

"Jumlah personel 600 dari Pancoran sampai JCC terdiri dari gabungan Polda Metro Jaya, dan unsur TNI," kata Harun di Posko Pengamanan Semanggi.

Harun mengatakan personel disiagakan di titik keluar jalan tol dalam kota, dari Pancoran hingga Semanggi, serta jembatan penyebrangan dengan menempatkan 5-10 personel. Posko pengamanan juga dibangun dibeberapa titik tersebut.

Hingga kini, rombongan bus yang membawa kesebelasan Persib Bandung maupun suporter Bobotoh belum tampak melewati tol dalam kota. Pertandingan final pun telah berakhir dengan kemenangan untuk Persib 2-0 atas Sriwijaya FC. (vws)