Polri Resmi Pisahkan Polda Sulawesi Selatan dan Barat

Rinaldy Sofwan, CNN Indonesia | Senin, 30/05/2016 13:45 WIB
Polri Resmi Pisahkan Polda Sulawesi Selatan dan Barat Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti telah menunjuk Brigadir Jenderal Lukman Wahyu sebagai Kapolda Sulbar pertama. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Markas Besar Polri resmi memisahkan Kepolisian Daerah Sulawesi Barat dari Sulawesi Selatan. Sebagai Kapolda Sulbar pertama, Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti telah menunjuk Brigadir Jenderal Lukman Wahyu.

"Sesuai dengan Keputusan Men-PAN (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi) belum lama ini," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigadir Jenderal Agus Rianto di kantornya, Jakarta, Senin (30/5).


Lukman yang ditunjuk sebagai Kapolda, lanjut Agus, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Provoost Divisi Profesi dan Pengamanan Polri. Penunjukkan Lukman bersamaan dengan mutasi yang dilakukan terhadap Kepala Badan Reserse Kriminal Polri dan sejumlah Kapolda, Jumat lalu.


"Besok kami akan gelar upacara serah terima jabatan untuk Kabareskrim dan lima Kapolda," kata Agus.

Sementara itu, Kapolda Sulsel Inspektur Jenderal Anton Charliyan mengatakan pihaknya ikut membantu persiapan Polda yang sempat termasuk dalam wilayah hukumnya itu.


"Sekarang kami sudah pisah ranjang dengan Sulbar. Sekarang tinggal prosesinya, masih persiapan," ujar ujarnya saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (28/5).

Menurutnya, gedung yang akan digunakan sebagai Mapolda Sulbar saat ini masih disiapkan oleh pemerintah daerah. Sementara jumlah personel yang akan bertugas di Polda Sulbar juga masih dibicarakan.

"Minggu depan saya cek ke sana persiapannya. Jumlah personel Polda Sulsel yang diserahkan masih dibicarakan," ujar Anton. (obs/obs)