Megawati Bertemu Istri PM Malaysia, Bahas Isu Perempuan

Patricia Diah Ayu Saraswati, CNN Indonesia | Selasa, 07/03/2017 14:36 WIB
Megawati Bertemu Istri PM Malaysia, Bahas Isu Perempuan Menindaklanjuti pertemuan itu, Megawati diminta hadir pada seminar tentang kekerasan perempuan di Malaysia, pada 13 hingga 14 Maret mendatang. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri menjamu istri Perdana Menteri Malaysia Datin Seri Rosmah Mansor di kediamannya yang berada di Menteng, Jakarta, Selasa (7/3). Pada pertemuan tersebut, keduanya memperbincangkan isu perempuan dan anak.

"Masalah kekerasan perempuan dan anak menurutnya tidak hanya terjadi di Indonesia dan Malaysia. Masalah ini perlu dan patut untuk dibicarakan, terutama di kalangan anggota ASEAN," kata Megawati usai pertemuan tersebut.

Megawati menuturkan, dialog tentang dua isu tersebut digagas Rosmah. Ia bertekad mewujudkan seluruh hasil pembicaraan itu.


Ditemui pada kesempatan yang sama, Rosmah menyebut seluruh kelompok perempuan dan anak di Asia Tenggara harus bersatu untuk menanggulangi berbagai persoalan dan tantangan.

"Saya ingin melihat kaum wanita bekerja sama dan berbagi pengalaman," tuturnya secara singkat.

Usai pertemuan tersebut, Rosmah mengundang Megawati untuk menghadiri seminar tentang kekerasan perempuan dan anak di Malaysia, tanggal 13-14 Maret mendatang. Rosmah berharap sejumlah menteri perempuan di Kabinet Kerja juga dapat menjadi pemantau pada seminar tersebut. 
Pertemuan Megawati dan Rosmah turut diikuti sejumlah tokoh perempuan, yakni istri Wakil Presiden, Mufidah Kalla, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Mensos Khofifah Indar Parawansa, Menkes Nila Moeleok serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Rosmah berada di Jakarta bersama Najib Razak yang sedang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ke-20 Indian Ocean Rim Association (IORA). Sejumlah petinggi negara yang menjadi peserta KTT itu membawa serta pasangan mereka.

Selasa ini, bertempat di Istana Bogor, Jawa Barat, Ibu Negara Iriana Joko Widodo membatik bersama empat istri kepala negara dan pemerintahan peserta KTT IORA, yakni istri Wakil PM Somalia Suleikha Ghalinle Osman, istri Wakil PM Singapura Chew Poh Yim, istri Presiden Tanzania Mwanarnwerna Shein dan Istri Presiden Afrika Selatan Bongi Ngema Zuma.

Jamuan yang sama dilakukan Iriana sejak kemarin dengan cara menggelar acara minum teh bersama dan menyaksikan keterampilan melukis anak-anak Sekolah Luar Biasa Karanganyar.


(abm/obs)