PD Pasar Jaya Usul Sinergikan JakMart dan OK OCE Mart

Filani Olyvia , CNN Indonesia | Jumat, 19/05/2017 20:15 WIB
PD Pasar Jaya Usul Sinergikan JakMart dan OK OCE Mart PD Pasar Jaya berencana menyinergikan JakMart dengan program wakil gubernur terpilih Sandiaga Uno, OK OCE Mart. (CNN Indonesia/Filani Olyvia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan pembangunan mini market JakMart saat ini tidak akan tumpang tindih dengan salah satu program andalan pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, seperti OK OCE Mart.

Anies-Sandi akan segera memimpin DKI Jakarta pada Oktober mendatang. Sementara PD Pasar Jaya sudah menargetkan untuk membangun 44 store baru hingga akhir 2017.

"Kalau saya bilang, sebenarnya malah bisa bersinergi. Karena memang polanya akan sama. Pasar ini kan bukan sekedar pasar retail, melainkan sebagai saluran distribusi yang sistemik," kata Arief di Pasar Rawa Bening, Jakarta Timur, Jumat (19/5).
Arief menjelaskan, tak ada perbedaan besar antara JakMart dan OK OCE Mart yang digagas Sandi. Sedikit perbedaan adalah JakMart dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan dan Biaya Daerah (APBD) DKI Jakarta, dengan biaya sedikitnya Rp150 juta. Sementara OK OCE Mart menerapkan sistem kemitraan.

Siapapun yang tertarik mendirikan OK OCE Mart bisa bergabung asal bersedia menyediakan modal sebesar Rp200 juta.

Dengan menyinergikan JakMart dan OK OCE Mart, Arief berharap Pemprov DKI bisa menghemat sejumlah penggunaan anggaran.

"Selain itu, OK OCE Mart kan juga bantu pemilik UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk menjajakan barangnya. Barang-barang itu bisa masuk enggak ke JakMart? Tentu bisa," ujar Arief.
Perihal teknis menyinergikan JakMart dan OK OCE Mart, Arief menuturkan perlu ada bahasan lebih lanjut. Terutama terkait nama, sistem penetapan harga, hingga perjanjian kemitraan bersama pemilik UMKM yang ingin difasilitasi untuk menjajakan produknya.

"Tunggu tanggal mainnya saja. Kalau kami tergantung instruksi atasan yang baru," ujar Arief.

Secara terpisah, juru bicara pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih Anies-Sandi, Naufal Firman Yursak mengatakan menyambut baik niat PD Pasar Jaya menyinergikan JakMart dengan OK OCE Mart.

"Prinsipnya, kami menyambut baik sikap PD Pasar Jaya yang merespons program OK OCE. Soal teknisnya seperti apa, kami akan kaji lebih lanjut," kata Naufal saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, pada Jumat (19/5).