Jokowi dan Megawati Buka Rakornas PDIP dengan Tumbuk Padi

Bimo Wiwoho, CNN Indonesia | Sabtu, 16/12/2017 12:43 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Presiden Jokowi, Wapres Jusuf Kalla dan BJ Habibie membuka Rakornas PDIP yang berlangsung di Jakarta, 16-17 Desember. Rakornas PDIP berlangsung di ICE Bumi Serpong Damai, Jakarta, 16-17 Desember. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rapat Koordinasi Nasional PDI Perjuangan Tiga Pilar bertajuk Berdikari untuk Indonesia Raya yang dihelat di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai resmi dibuka.

Rakornas dibuka secara simbolik oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Presiden ketiga Indonesoa Bacharuddin Jusuf Habibie pada Sabtu (16/12).

Mereka membuka rakornas secara simbolik dengan menumbuk gabah secara bersamaan layaknya petani.
Ratusan anggota kader PDI Perjuangan dari tingkat pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota lalu bertepuk tangan riuh.


“PDI Perjuangan menegaskan tekadnya untuk mempelopori gerakan ekonomi berdiri di atas kaki sendiri atau berdikari,” ucap Megawati sat memberi sambutan.

Megawati mengatakan bahwa semangat berdikari mesti diterapkan di segala sendi kehidupan, baik ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Semangat berdikari pun harus pula tertanam di benak seluruh rakyat. Tidak hanya pemerintah saja.

“Mental perencanaan pembangunan tersebut harus menjadi milik rakyat dan dilaksanakan elemen rakyat Indonesia,” ucap Megawati.
Presiden Joko Widodo juga memberi sambutan di acara rakornas tersebut.

“Saya yakin acara ini diinspirasi semangat Bung Karno yaitu semangat berdikari,” ujar Jokowi yang disambut tepuk tangan.

Jokowi lantas bertanya kepada ratusan kader PDI Perjuangan yang hadir. Dia ingin tahu apakah ada semangat berdikari di benak ratusan kader yang menghadiri rakornas.

“Ada!” Jawab ratusan kader dengan semangat.

“Saya yakin semangat ini ada di sanubari kader PDI Perjuangan,” ujar Jokowi menanggapi.

Jokowi mengatakan semangat berdikari akan membawa Indonesia ke arah yang lebih baik dan mandiri serta berdaulat di segala aspek kehidupan. Dia mengatakan bahwa selama ini senantiasa menjalankan pemerintahan dan membangun Indonesia dengan semangat berdikari yang dimaksud.
“Dengan semangat berdikari kita ingin membangun Indonesia yang kuat. Kita ingin Indonesia dengan daya saing tinggi. Indonesia yang memenangkan persaingan global,” ujar Jokowi yang disambiut tepuk tangan.

“Merdeka! Merdeka! Merdeka!” Pekik Jokowi.

PDI Perjuangan menghelat Rakornas Tiga Pilar bertajuk Berdikari untuk Indonesia Raya di ICE BSD TAngerang, pada 16-17 Desember. Pada saat acara pembukaan rakornas tampak sejumlah tokoh nasional yang hadir.

Mereka adalah Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, serta Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Tampak pula Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis, dan Panglima Kodam Jaya Mayjen Jaswandi, mantan Gubernur DKI Jakarta djarot Syaiful Hidayat, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan sejumlah tokoh lain. (stu)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK