PDIP Umumkan Pengganti Azwar Anas Besok

Priska Sari Pratiwi, CNN Indonesia | Selasa, 09/01/2018 17:32 WIB
PDIP Umumkan Pengganti Azwar Anas Besok Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, di Jakarta, Selasa (9/1). Ia mengaku, pengumuman cawagub Jatim pengganti Azwar Anas akan diumumkan pada Rabu (10/1). (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memastikan akan mengumumkan calon wakil gubernur Jawa Timur pengganti Azwar Anas untuk mendampingi Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, pada Rabu (10/1).

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pemilihan hari Rabu itu mengikuti kebiasaan Presiden Joko Widodo yang kerap mengumumkan isu penting pada hari tersebut.

“Kami pastikan bukan hari ini (pengumuman pengganti Azwar Anas), tapi besok (Rabu). Kami ikuti tradisi Pak Presiden yang suka mengumumkan (hal penting pada) hari Rabu,” ujar dia, di kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (9/1).


Dalam dua kali kesempatan perombakan kabinet atau reshuffle, Jokowi diketahui mengumumkannya pada hari Rabu. Namun, Jokowi menambahkan kategori penanggalan Jawa pada hari itu. Yakni, Rabu Pon. Smentara, Rabu (10/1) adalah Rabu Kliwon.

Selain itu, lanjut Hasto, penggantian Anas harus segera diumumkan karena pendaftaran Pilgub Jatim ditutup pada Rabu (10/1) pukul 24.00 WIB.

Menurutnya, siapa pun sosok yang menggantikan Anas harus bisa bekerja sama dengan baik, memiliki ikatan emosi, dan sudah saling kenal dengan PDIP maupun pasangan cagubnya, yakni Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Calon pengganti Anas, kata dia, juga harus mendapat restu dan doa dari para kiai Jatim.

“Kuncinya tentu saja restu dan doa kiai, bisa kerja sama dengan Gus Ipul dan berhubungan (baik) dengan Cak Imin (Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PKB),” jelasnya.

Saat dikonfirmasi soal sosok Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah yang dikabarkan akan mengisi posisi yang diitnggalkan Anas, Hasto menyampaikan pujiannya.

"Ia sosok muda doktor di bidang Pancasila. Saya senang nanti punya teman di Jatim,” aku dia.

Ditanya soal pencalonannya di Jatim, Basarah enggan berandai-andai soal peluangnya untuk dipilih menggantikan Anas. Ia hanya menyebut tidak etis bagi kader PDIP menolak penugasan dari partai dalam pencalonan Pilkada.

“Saya tidak mau mengandai-andai penugasan itu. Sampai hari ini kami intensif cari cawagub yang bisa diterima semua pihak,” kilahnya.

Ia juga memastikan nama pengganti Anas segera didaftarkan ke KPUD pada Rabu. "Sebelum pukul 23.59 WIB tanggal 10 Januari akan datang. Insya Allah nama tersebut sudah didaftarkan,” tandasnya. (arh/djm)