PDIP Resmi Usung Gus Ipul-Puti Guntur di Pilgub Jatim

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Rabu, 10/01/2018 17:08 WIB
PDIP Resmi Usung Gus Ipul-Puti Guntur di Pilgub Jatim PDIP resmi memasangkan Gus Ipul dengan Puti Guntur sebagai cagub dan cawagub di Pilgub Jatim 2018. (Detikcom/Lamhot Aritonang)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) secara resmi mengumumkan Puti Guntur Sukarno sebagai bakal calon wakil gubernur pendamping Saifullah Yusuf atau Gus Ipul di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, hal itu merupakan arahan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, setelah mempertimbangkan berbagai masukan dari para kiai, keluarga besar Nahdlatul Ulama, termasuk dari Gus Ipul dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

"Maka ibu ketua umum telah mengambil keputusan bahwa sebagai cawagub yang mendampingi Gus Ipul adalah Mbak Puti Guntur Sukarno," kata Hasto usai HUT PDIP ke-45 di Jakarta Convention Center, Rabu (10/1). 
Hasto mengatakan, Megawati telah berpesan kepada seluruh kader untuk menyiapkan perangkat partai untuk bergerak ke bawah memenangkan pasangan ini, termasuk mengerahkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.


"Nanti mbak Puti akan ke tempat Bu Risma, dan dari tempat bu Risma akan ke kantor DPD PDIP. Dan nantinya Ibu Risma bersama jajaran partai mengantarkan pasangan untuk rakyat, pasangan yang menyatukan gotong royong antara NU dan PDIP serta PKB," kata dia.
Saat ini, kata dia, Puti sedang dalam perjalanan ke Surabaya dengan didampingi oleh Wakil Sekjen Ahmad Basarah yang telah ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan dalam pilkada serentak di provinsi Jawa Timur. 

Puti menggantikan pososi yang sebelumnya dipercayakan pada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang memutuskan mundur.

Azwar Anas mengundurkan diri setelah foto yang diduga miliknya tersebar di dunia maya. PDIP kemudian menentukan sejumlah nama sebagai penggantinya.
Nama Puti mulai santer terdengar sebagai pengganti Abdullah Azwar Anas untuk mendampingi Gus Ipul sejak Selasa (9/1). Cucu Proklamator Soekarno itu juga dikabarkan sudah bertemu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Sejumlah nama seperti Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah, Bupati Ngawi Budi Sulistiono dan Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Untari bahkan sempat digadang mendampingi Gus Ipul.

Puti saat ini merupakan anggota dewan di Komisi X DPR. Nama Puti sebelumnya sempat masuk pencalonan sebagai bakal cagub PDIP di Jawa Barat sebelum resmi mengusung TB Hasanuddin-Anton Charliyan. (sur)