Fadli Zon Nilai Menteri Susi Baper soal Kritiknya di Twitter

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Kamis, 08/02/2018 17:02 WIB
Fadli Zon Nilai Menteri Susi Baper soal Kritiknya di Twitter Fadli Zon menganggap wajar kritiknya terhadap Susi Pudjiastuti di Twitter soal kondisi perikanan Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyebut Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti terlalu terbawa perasaan alias baper saat menanggapi cuitannya di Twitter. Fadli menilai wajar kritiknya soal kondisi perikanan Indonesia.

"Susi baper saja kali, ya. Yang saya sampaikan relatif lunak," kata Fadli yang juga Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (8/2).

Dalam serial twitnya terkait HUT Gerindra Selasa (6/2) siang, Fadli menyinggung soal kinerja Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dipimpin Susi karena terlalu membanggakan jumlah kapal nelayan asing yang berhasil ditenggelamkan.


Selain itu, Fadli mengkritik klaim populasi ikan yang meningkat, yang seolah menjadu ukuran keberhasilan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Padahal, pada saat bersamaan, nelayan kita masih menjadi kelompok termiskin, bahkan sempat menjadi kelompok yang rentan terkena kriminalisasi gara-gara persoalan alat tangkap. @Gerindra," demikian salah satu kicauan yang diunggah akun resmi @fadlizon.




Fadli menjelaskan, rangkaian kicauannya itu merupakan bagian ulang tahun Gerindra dan evaluasi terhadap pemerintah termasuk soal nasib nelayan.

"Tentu yang dilakukan Bu Susi niatannya itu bagus dari proteksi ilegal fishing kita mendukung. Tapi soal penenggelaman kapal jangan seolah-olah dijadikan acuan keberhasilan kerja," katanya.


Keberhasilan, kata Fadli, sesuai Pasal 3 UUD 1945, bahwa kekayaan alam dikuasai negara untuk sebesar-besarnya kepentingan rakyat. Air dan lautan itu, disebut seharusnya memberikan kesejahteraan rakyat.

"Nelayan di era Jokowi ini kehidupannya makin hari makin susah. Makin banyak regulasi yang mereka rentan untuk dikriminalisasi. Lebih kepada rakyat sejahtera? Kan belum, termasuk penggunaan cantrang," lanjut Fadli.

Justru, kata Fadli, penenggelaman kapal malah membuat laut rusak karena menggunakan alat peledak. Seharusnya, kata dia, kapal asing yang diambil kemudian diserahkan kepada nelayan.

Kicauan Fadli itu kemudian langsung mendapat respons langsung dari Susi. Dalam akun twitternya, Susi bertanya apa keberhasilan Fadli selama bekerja di parlemen.

"Ukuran keberhasilan yg telah anda lakukan apa Pak Fadli yth??? Mohon pencerahan," ujar Susi dalam akun twitter @susipudjiastuti yang di mention langsung menjawab @fadlizon dan @Gerindra.


Merespons hal itu, Fadli sempat membalas di Twitter dengan mengundang Susi untuk datang ke acara peluncuran buku terhadap kinerjanya di parlemen.

"Saya undang di Twitter. Dia nanya keberhasilannya? Saya enggak pernah mengklaim keberhasilan. Saya melaporkan apa yang saya lakukan, apakah itu dianggap berhasil itu urusan orang lain. Sepanjang menjadi pimpinan DPR ya saya lakukan dan laporkan kepada publik," kata Fadli. (pmg)