KPK Amankan Rp1 Miliar di Kardus Saat OTT Lampung Tengah

Feri Agus, CNN Indonesia | Kamis, 15/02/2018 01:47 WIB
KPK Amankan Rp1 Miliar di Kardus Saat OTT Lampung Tengah Saat operasi tangkap tangan (OTT) terhadap lima anggota DPRD Lampung Tengah, KPK juga mengamankan uang yang disimpan di kardus. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan ikut mengamankan uang sebanyak Rp1 miliar dalam operasi tangkap tangan (OTT) terhadap 5 anggota DPRD Lampung Tengah. Uang itu ditemukan dalam kemasan di sebuah kardus di Lampung, Rabu (14/2).

"Kami amankan juga sejumlah uang di Lampung ada sekitar Rp1 miliar," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (15/2) dini hari.

Febri mengatakan uang Rp1 miliar yang diamankan dalam OTT kali ini terdiri dalam pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu. Uang diduga suap untuk anggota DPRD Lampung Tengah itu terkait dengan persetujuan yang dibutuhkan pihak Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah.


"Jadi pihak Pemkab butuh persetujuan DPRD, kemudian dilakukan sejumlah upaya untuk pemberian hadiah atau janji tersebut," tuturnya.

Sebelumnya Febri menyatakan, tim KPK berhasil menangkap 14 orang, lima di antaranya merupakan anggota DPRD Lampung Tengah. Operasi senyap ini dilakukan di dua lokasi, yaitu di Jakarta dan Lampung.

Selain lima anggota DPRD Lampung Tengah, tim KPK turut menangkap delapan orang dari unsur pejabat dan pegawai Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dan satu orang lagi dari pihak swasta.


"Jadi kami konfirmasi ada kegiatan tim di lapangan, di Lampung dan Jakarta. Kami amankan totalnya ada 14 orang, di Lampung dan Jakarta. Unsurnya DPRD, kemudian pejabat di Pemda dan pihak swasta," kata Febri. (pmg)