Romi Berharap Umrah Prabowo-Amien Hasilkan Politik Damai

RBC, CNN Indonesia | Minggu, 03/06/2018 00:25 WIB
Romi Berharap Umrah Prabowo-Amien Hasilkan Politik Damai Ketum PPP M Romahurmuziy berharap pertemuan Prabowo dan Amien Rais di tengah umrah di Mekkah bisa mewujudkan kontestasi politik damai jelang Pilpres 2019. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertemuan di tanah suci Mekkah antara dua tokoh politik Indonesia, Prabowo Subianto dan Amien Rais, diharapkan dapat mewujudkan kontestasi yang damai di Pilpres 2019.

Hal tersebut diutarakan Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy usai menghadiri acara buka puasa bersama di kediaman pemilik Trans Corp, Chairul Tanjung, Jakarta Pusat, Sabtu (2/6).


"Kalau memang niatnya itu membangun Indonesia ke depan, mereka menghimpun kekuatan, kalau itu dimulai dari Mekkah moga-moga besok kontestasinya aman, sejuk, damai, dan menyenangkan," kata Romy kepada wartawan.



Romy beranggapan bentuk-bentuk komunikasi yang dilakukan setelah melaksanakan umrah adalah hal yang biasa terjadi dan tidak perlu dipermasalahkan.

Meski demikian, ia menyebut tidak semua hal yang dilakukan di Mekkah akan membuahkan hasil yang baik atau terjamin keberhasilannya.

"Karena kita juga banyak melihat sejumlah artis kita yang menikah di Mekkah berakhir juga cerai," ujarnya bergurau.

"Jadi tidak menjamin bahwa setiap kegiatan yang dimulai dari kota suci sekalipun, tetapi tidak diniatkan untuk ibadah, akan menuai keberhasilan," lanjut Romy.

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais melakukan umrah pada saat yang bersamaan di tanah suci, Mekkah. Selain melakukan umrah, pada Sabtu (2/6), kedua tokoh politik Indonesia itu berama rombongannya melakukan silaturahmi ke pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Sihab yang sudah lebih dari setahun menetap di sana.


Dalam pertemuan itu Rizieq meminta kepada Prabowo dan Amien segera melakukan deklarasi terbuka koalisi partai untuk Pilpres 2019.


Selain silaturahmi dalam pertemuan tersebut juga membicarakan secara umum berbagai persoalan bangsa saat ini. Lebih khusus HRS mengharap dan meminta kepada Gerindra dan PAN untuk segera merealisasikan keinginan umat untuk segera Deklarasi terbuka koalisi Gerindra, PAN, PKS, PBB dalam waktu dekat," ujar Juru Bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin dalam pesan singkat yang diterima CNNIndonesia.com, Sabtu (2/6).

Novel mengungkapkan saat melakukan silaturahmi tersebut, dalam rombongan Prabowo di antaranya terdapat Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono. Sementara itu, Amien didampingi anaknya yang juga anggota DPR dari fraksi PAN, Hanafi Rais.

Dalam pertemuan tersebut, sambung Novel, juga terdapat perbincangan mengenai kandidat pilpres 2019 rekomendasi Rakornas PA 212 yang digelar di Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (29/5) lalu.

Dalam rekomendasi itu sejumlah lima nama masuk kandidat capres dan sembilan kandidat cawapres dari Rakornas PA 212. Mereka yang direkomendasikan jadi kandidat capres adalah Rizieq, Prabowo, Tuan Guru Bajang, Yusril Ihza Mahendra, dan Zulkifli Hasan. Sementara itu untuk nama kandidat cawapres adalah Ahmad Heryawan, Hidayat Nur Wahid, Yusril, Anies Matta, Zulkifli, Eggi Sudjana, Bachtiar Nasir, Prabowo, dan Anies Baswedan.

Rekomendasi Rakornas PA 212 itu pun disebutkan diserahkan kepada Prabowo dan Amien saat mereka umrah.

(kid/kid)