Tiga Jenazah Korban KM Sinar Bangun Ditemukan, Total 4 Tewas

Dhio Faiz, CNN Indonesia | Rabu, 20/06/2018 19:43 WIB
Ketiga korban yang semuanya wanita itu ditemukan dalam keadaan meninggal dunia sekitar tiga hingga lima kilometer dari lokasi kejadian. Personel Basarnas merapatkan kapal usai pencarian penumpang korban tenggelamnya Kapal KM Sinar Bangun di Danau Toba. (ANTARA FOTO/Lazuardy Fahmi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) hari ini kembali menemukan tiga korban insiden tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara.

Kepala Basarnas Muhammad Syaugi menyebut ketiga korban tersebut ditemukan dalam keadaan meninggal dunia sekitar tiga hingga lima kilometer dari lokasi kejadian.

"Ditemukan tiga, tadi jam 7, jam 10, dan jam 14.20, wanita [semua]. Tiga-tiganya meninggal dunia," kata Syaugi di Gedung Kemenhub, Jakarta, Rabu (20/6).



Sebelumnya Basarnas telah menemukan 19 orang korban. Sebanyak 18 orang di antaranya ditemukan selamat, sedangkan satu lainnya meninggal dunia.

Syaugi menyampaikan saat ini pihaknya mengerahkan 70 personel untuk melakukan pencarian selama hampir 24 jam sehari. Namun mereka terkendala luasnya danau dan kurangnya pencahayaan di dalam perairan.

Basarnas juga menerjunkan dua unit kapal selam kendali jarak jauh atau remote underwater vehicle untuk melakukan pencarian ke dalam air.

"Danau itu dalam, kedalamannya 300 sampai 500 meter. Makanya kami gunakan remote underwater vehicle, di dalam itu gelap sekali," lanjut dia.


Basarnas masih akan melakukan pencarian di sekitar lokasi kejadian hingga tujuh hari setelah insiden berlangsung. Lalu pencarian akan diperpanjang jika diperlukan.

KM Sinar Bangun dilaporkan tenggelam pada Senin (18/6) saat mengantar penumpang dari Dermaga Simanindo, Kabupaten Samosir menuju Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun.

Data manifes dan surat izin berlayar (SIB) kapal belum ditemukan hingga saat ini. Hal itu menyulitkan proses investigasi terkait jumlah korban dan penyebab kejadian.

(pmg/asa)