Aher Jadi Caleg, Deddy Mizwar Masuk Tim Pemenangan Pilpres

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 18/07/2018 03:40 WIB
Aher Jadi Caleg, Deddy Mizwar Masuk Tim Pemenangan Pilpres Berdasarkan keterangan dari masing-masing partai, Aher menjadi caleg DPR dari PKS sementara itu Deddy Mizwar akan jadi tim pemenangan Demokrat dalam Pilpres. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Bandung, CNN Indonesia -- Politikus Partai Keadlian Sejahtera (PKS) yang juga mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mendaftar sebagai Bakal Calon Legislatif (bacaleg) DPR RI dari PKS.

Aher yang menanti nasibnya di bursa pemilihan presiden atau Pilpres 2019, mendaftar sebagai bacaleg DPR RI dari PKS. DPP PKS hingga saat ini tengah menyeleksi sembilan nama kader yang akan didorong maju di Pilpres 2019. Dari sembilan nama tersebut, Aher menjadi calon terkuat untuk diusung maju. Namun, sebelum wacana pencapresan itu terealisasi, Aher bakal mencoba peruntungan terlebihdulu di Pileg 2019 untuk berebut kursi DPR RI.

Selain Aher, istrinya juga Netty Heryawan ikut bertarung pesta demokrasi tersebut. 


"Insyaallah masuk, Ibu Netty (istri Aher) dari dapil Cirebon, Indramayu. Pak Aher di dapil II Jabar yaitu Kabupaten Bandung," ujar Ketua DPW PKS Jabar Nur Supriyanto saat ditemui di Kantor KPU Jabar, Selasa (17/7). 


Menyinggung soal isu pencapresan Aher, Nur mengungkapkan, sampai saat ini belum ada keputusan terkait hal tersebut. Sehingga, DPP PKS menempatkan Aher untuk maju di Pileg 2019. 

Aher Jadi Caleg, Deddy Mizwar Masuk Tim Pemenangan PilpresAhmad Heryawan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
"Kalau capres adanya di DPP, beliau (Aher) ditempatkan di DPP juga. Sampai saat ini belum ada keputusan perihal capres maupun cawapres sehingga kita menempatkan posisi yang ada untuk pencalonan," tegasnya.

Sementara itu, ia menambahkan, terdapat 115 kader PKS yang didaftarkan untuk memperebutkan kursi DPRD Jabar. Dari kader-kader yang didaftarkan tersebut hampir seluruhnya adalah muka lama. 

"115 orang kita daftarkan dari 120 kursi yang kita daftarkan," ucapnya.
 
Dari jumlah kursi yang diperebutkan, pihaknya menargetkan bisa merebut 20 kursi di DPRD Jabar.

"[Pada pemilu] terakhir kita di DPRD Jabar 12 kursi dari 12 dapil. Sekarang ada 15 dapil sehingga kita berharap 15 (dapil) itu kita dapat, kemudian nanti ada dapil kita prioritas," ujarnya.

Demiz Tak Mendaftar Caleg

Sementara itu, mantan Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar memilih istirahat sejenak dari politik usai gelaran Pilgub Jabar 2018. Pria yang juga menjadi satu dari empat cagub dalam Pilgub Jabar itu disebutkan akan menjadi bagian tim pemenangan Pilpres 2019 yang didukung partai Demokrat.

Hal itu diungkapkan Ketua BP OKK DPD Partai Demokrat Jabar Sugianto Nangolah.

"Beliau akan ikut kampanye Demokrat karena beliau majelis tinggi partai. Sudah dipastikan beliau tidak maju di DPR tapi ikut di tim pemenangan pilpres," ucapnya.

Dalam Pilgub Jabar 2018 lalu, Deddy berpasangan dengan Ketua DPD Golkar Jabar Dedi Mulyadi sebagai cawagub. Akhirnya setelah pemungutan suara pada 27 Juni 2018, pasangan nomor urut 4 itu harus mengakui kemenangan pasangan nomor urut 1 Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

(hyg/kid)