Berkas Lengkap, Jokowi-Ma'ruf Resmi Daftar Capres-Cawapres

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 10/08/2018 10:15 WIB
Berkas Lengkap, Jokowi-Ma'ruf Resmi Daftar Capres-Cawapres Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie
Jakarta, CNN Indonesia -- Petahana Joko Widodo bersama Ma'ruf Amin resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon presiden dan wakil presiden kepada Komisi Pemilihan Umum. Keduanya menyerahkan sejumlah dokumen yang diperlukan untuk dapat ditetapkan sebagi capres dan cawapres oleh KPU.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Jokowi dan Maruf menyerahkan dokumen secara simbolis kepada Ketua KPU Arief Budiman.

Para ketua partai koalisi turut mendampingi proses pendaftaran Jokowi-Ma'ruf.


Terdapat sembilan ketum yang mendampingi Jokowi, yakni Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum PPP Muhammad Romahurmuziy, Ketum NasDem Surya Paloh, Ketum Hanura Oesman Sapta Odang, Ketum PSI Grace Natalie, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketum PKPI Diaz Hendropriyono.

Setelah simbolis itu itu, para panitia pendaftaran capres-cawapres di KPU melakukan pemeriksaan dokumen. Pemeriksaan berlangsung sekitar sepuluh menit.

Tak lama setelah proses itu dilakukan, Jokowi dan Maruf terlihat menandatangani sebuah dokumen.

"Demikian untuk syarat pencalonan kami nyatakan lengkap," kata perwakilan KPU seperti disiarkan CNN Indonesia TV.

Jokowi dan Ma'ruf Amin mendatangi KPU dengan cara konvoi dari Gedung Joang 45 di kawasan Cikini, Jakarta, menggunakan minibus hitam.

Sekitar pujul 09.18 WIB, Jokowi dan Maruf keluar dan memasuki mobil menuju ke gedung KPU usai berpidato dan melakukan doa bersama relawan.

Rombongan Jokowi itu lantas diikuti oleh ratusan iring-iringan relawan Jokowi di belakangnya yang telah berkumpul terlebih dulu di Gedung Joang 45.

Lalu lintas di depan Gedung Joang atau Jalan Menteng Raya ditutup sementara untuk mengamankan rombongan Jokowi dan para relawan menuju KPU.

Jokowi tiba di KPU sekitar pukul 09.30 WIB. Dia bersama sejumlah ketua partai seperti Megawati, Surya Paloh dan Romahurmuziy memasuki kantor KPU. Rombongan ini mendapat sambutan meriah dari massa pendukung,

Sejumlah menteri kabinet juga turut mengantar Jokowi.

Tonton juga video: Jokowi Ajak Rakyat Berdemokrasi, Bukan Perang
[Gambas:Video CNN] (wis)