Gerindra Ingin M Taufik Gantikan Sandi Jadi Wagub DKI

Bimo Wiwoho & Dhio Faiz, CNN Indonesia | Jumat, 10/08/2018 16:46 WIB
Gerindra Ingin M Taufik Gantikan Sandi Jadi Wagub DKI M Taufik diusulkan jadi Wagub DKI gantikan Sandiaga Uno. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Gerindra Prabowo Soenirman menyebut satu nama pengganti Sandiaga Uno di posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Prabowo menginginkan Muhammad Taufik, Ketua DPD DKI Jakarta Gerindra yang juga Wakil Ketua DPRD DKI untuk menggantikan Sandi.

"Kita belum sampai ke situ [pengerucutan nama], tetapi kita berharap kader kita yang dipilih, yaitu M Taufik," kata Prabowo saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (10/8).


Prabowo menyebut pengganti Sandi akan dibicarakan usai Presiden Joko Widodo meneken surat pengunduran diri Sandi. Kandidat nama DKI 2 yang baru bakal dibicarakan bersama Gubernur DKI Anies Baswedan.


"Tentunya akan didiskusikan dengan Pak Anies nantinya," lanjut dia.


Terpisah, Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana alias Haji Lulung juga menyebut nama Taufik sebagai kandidat kuat pengganti Sandi.

"Ya kalau secara teman, saya setuju Pak Taufik, tapi kan mekanismenya harus dari partai," ucap tokoh Betawi yang sering bentrok dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok itu saat ditemui di Balai Kota Jakarta, Kamis (9/8).


Sementara Taufik sendiri belum mau berspekulasi terkait peluang itu. Namun Taufik terlihat sibuk mondar-mandir ke Balai Kota Jakarta sebelum Sandi mengundurkan diri.

"Ya tergantung DPRD. Nanti kan dipilih DPRD siapapun yang diajukan," tutur Taufik di Balai Kota Jakarta, Kamis (9/8).

Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade menambahkan bahwa partainya memang ingin Taufik menjadi Wagub DKI Jakarta yang ditinggal Sandiaga. 

"Karena memang Bang Taufik yang paling pengalaman di DKI," ucap Andre di kantor KPU, Jakarta, jumat (10/8).


Andre menilai Taufik telah berhasil mengawal Anies-Sandiaga dengan baik. Menurutnya, pengalaman itu membuat Taufik dan Anies memiliki hubungan yang harmonis.

"Saya rasa beliau cocok bisa bekerja sama dgn Mas Anies," ujar Andre.

Sebelumnya, Sandi resmi mengundurkan diri dari jabatan Wakil Gubernur DKI pada Kamis (9/8). Ia memutuskan mundur karena akan maju menjadi calon wakil presiden Prabowo Subianto di pilpres 2019. (DAL)