12 Arena Asian Games 2018 di Jakarta Habiskan Rp101 Miliar

Dhio Faiz, CNN Indonesia | Selasa, 14/08/2018 00:12 WIB
Semua uang pembangunan arena pertandingan selama Asian Games 2018 tersebut berasal dari pihak swasta yang dikelola Pemprov DKI. Jakarta bersiap sambut Asian Games 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Ratiyono mengatakan dana yang dihabiskan untuk memperbaiki dan membangun dua belas arena pertandingan Asian Games 2018 di Jakarta mencapai Rp101 miliar.

Ratiyono menyebut untuk renovasi sepuluh gelanggang olahraga (GOR) digelontorkan Rp35 miliar.

"Untuk 10 GOR masing-masing Rp3,5 miliar, jadi totalnya Rp35 miliar. Itu masing-masing GOR mulai dari flooring lantainya, pencahayaannya, tribun, dan fasilitas lainnya," ucap Ratiyono saat ditemui di Jakarta International Baseball Arena, Jakarta Timur, Senin (13/8).



Kesepuluh GOR itu adalah GOR Pulogadung, GOR Cempaka Putih, GOR Jakarta Timur, GOR Sunter, GOR Bulungan, GOR Ragunan, GOR Senen, GOR Jakarta Barat, GOR Jakarta Utara, serta GOR Soemantri Brodjonegoro.

Kemudian untuk pembangunan Jakarta International BMX Track di Pulomas, Jakarta Timur, menghabiskan Rp27 miliar.

Sementara untuk pembangunan Jakarta International Baseball Arena menelan Rp39 miliar. Arena itu hanya memiliki kursi penonton sekitar 400 buah.


Ratiyono menyampaikan semua uang pembangunan arema pertandingan berasal dari pihak swasta yang dikelola Pemprov DKI.

"Mekanisme pembangunan sepuluh GOR, satu BMX track, dan satu arena baseball ini menggunakan dana pelampauan koefisien luas bangunan (KLB) dari PT Sinarmas Land," tuturnya.

Di kesempatan yang sama, DKI Jakarta Anies Baswedan berharap pembangunan arena tersebut bisa terus dirawat meski Asian Games 2018 telah usai.

Anies berharap pembangunan arena-arena itu bisa memicu perkembangan olahraga di Indonesia.

"Harapannya 12 fasilitas yang baik ini nantinya akan menumbuhkan atlet di bidangnya yang akan membawa nama baik Jakarta dan Indonesia," tuturnya.

(DAL/DAL)