Djoko Santoso: Kwik Kian Gie Penasihat Pribadi Prabowo

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 23/09/2018 03:09 WIB
Djoko Santoso: Kwik Kian Gie Penasihat Pribadi Prabowo Ketua pemenangan Prabowo-Sandi, Djoko Santoso, membenarkan Kwik Kian Gie tak masuk dalam struktur timnya. Kwik disebutnya sebagai penasihat pribadi Prabowo. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Jenderal (Purn) Djoko Santoso mengatakan pakar ekonomi Kwik Kian Gie tak masuk dalam struktur tim pemenangan pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Djoko menyatakan mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri itu hanya sebagai penasihat pribadi Prabowo.

"Pak Kwik itu yang saya tangkap dia penasihat pribadi capres Prabowo," kata Djoko di Jakarta, Sabtu (22/9).



Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra itu juga menyebut bahwa putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Yenny Wahid juga tak masuk dalam BPN pasangan Prabowo-Sandi. Djoko pun belum mendapat keterangan dari Yenny.

"Belum, belum ada keterangan," ujarnya.

Djoko Santoso: Kwik Kian Gie Penasihat Pribadi PrabowoKwik Kian Gie. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Sebelumnya, Kwik Kian Gie membantah telah bergabung dalam Tim Pakar Prabowo-Sandi. Kwik menegaskan tak pernah ada pembicaraan dari kubu Prabowo-Sandiaga untuk mengajaknya masuk ke tim sukses. 

"Itu bisa saya katakan dengan tegas, itu tidak pernah ada pembicaraan dengan saya tentang itu," kata Kwik di Rumah Cemara, Jakarta, Jumat (21/9). 

Kwik mengatakan pertemuan terakhir dengan pihak Prabowo dan Sandiaga beberapa waktu lalu sama sekali tak ada pembahasan mengenai Dewan Pakar Koalisi Indonesia Adil dan Makmur. 

"Pertemuan saya yang terakhir adalah dengan Pak Prabowo sendiri, ada Pak Sandi, ada Pak Hasyim, ada Pak Burhanuddin Abdullah juga, ada Pak Fuad Bawazier, dan itu berhadapan dengan pers seperti ini, itu tidak ada kata-kata Dewan Pakar," kata dia.

Lapor Dana Awal Kampanye

Sementara itu, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno disebut bakal menyampaikan laporan awal dana kampanye (LADK) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Juru Bicara Prabowo-Sandi, Andre Rosiade mengatakan Wakil Bendahara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Thomas A. Muliatna Djiwandono yang rencanany bakal LADK itu hari ini sekitar pukul 14.00 WIB.  

"Dana kampanye besok dilaporkan, Bendahara Umum Partai Gerindra yang juga Wakil Bendahara Badan Pemenangan, akan melaporkan dana kampanye Prabowo-Sandi ke KPU," kata saat dikonfirmasi. 

Namun, Andre belum bisa mengungkap total dana kampanye awal pasangan yang diusung Partai Gerindra, Demokrat, PAN, PKS, serta didukung Partai Berkarya. Menurutnya, Thomas bakal menyampaikan saat penyerahan besok. 

"Akan dijelaskan langsung oleh Mas Thomas," ujarnya. 

Sementara itu, kata Andre, agenda kegiatan Prabowo dan Sandi pada Minggu (23/9) pagi adalah mengikuti kampanye damai bersama pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang digelar KPU di kawasan Monas, Jakarta Pusat. 

"Agenda Pak Prabowo dan Mas Sandi kampanye damai, lalu lanjut ke gedung Smesco itu," ujarnya. 

(fra/kid)