Rampung 75 Persen, Skybridge Tanah Abang Akan Dibuka Sebagian

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 12/10/2018 06:00 WIB
Rampung 75 Persen, Skybridge Tanah Abang Akan Dibuka Sebagian Konstruksi jembatan layang multiguna atau skybridge Tanah Abang, Jakarta, (15/9). (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jembatan multiguna atau skybridge Tanah Abang disebut mulai dioperasikan sebagian pada 15 Oktober meski pembangunannya hingga kini belum rampung.

"Skybrigde [pada] 15 Oktober ini target kami sudah bisa mulai difungsikan, tapi masih terbatas ya, maksudnya belum semuanya selesai, tapi sudah bisa dipakai," kata Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan, saat dikonfirmasi, Kamis (11/10).

Ia menuturkan bagian skybridge yang sudah bisa digunakan adalah sisi Stasiun Tanah Abang menuju Blok G Tanah Abang.


Sedangkan untuk sisi dari stasiun menuju Jalan Jatibaru Bengkel masih sedang dalam kontruksi dan ditargetkan selesai pada 30 Oktober.

"Yang ke arah Jatibaru Bengkel yang belum selesai, sekarang ini [(pembangunannya] sekitar 75 persen," ujar Yoory.

Meski belum sepenuhnya rampung, Yoory memastikan jika skybridge tersebut aman untuk digunakan. "Aman kok," katanya.

Lebih dari itu, Yoory juga tak bisa memastikan apakah nantinya Jalan Jatibaru akan dibuka saat skybridge mulai dioperasikan. Terkait hal itu, sambung Yoory, pihaknya akan berkoordinasi dulu dengan Dinas Perhubungan DKI.

"Kalau (jalan) bisa dibuka, ya kami buka, kami lihat aja nanti keadaan di lapangan," ucapnya.

Di sisi lain, Yoory menuturkan saat mulai beroperasi, skybridge telah bisa menampung 100 dari total 446 PKL yang sebelumnya berjualan di sepanjang Jalan Jatibaru.

"Sebagian, baru 100 [pedagang] target kita rencananya," katanya.

Nantinya, para PKL akan menempati kios yang disediakan di atas skybridge dengan ukuran 1,5 x 2 meter. Kios tersebut terletak di bagian tengah skybridge. Sementara, sisi kanan dan kirinya diperuntukkan bagi pejalan kaki selebar 3 meter di setiap sisinya.

(dis/arh)