Ma'ruf Kunjungi Kampus dan Pesantren, Sandi Jawab Netizen

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 18/10/2018 07:09 WIB
Ma'ruf Kunjungi Kampus dan Pesantren, Sandi Jawab Netizen Deklarasi kampanye damai Pemilu 2019. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin dijadwalkan akan kembali melakukan kunjungan ke Provinsi Jawa Timur pada Kamis - Jumat 18-19 Oktober 2018. Ma'ruf dijadwalkan akan menghadiri beberapa agenda selama di sana.

Di hari pertama, Ma'ruf bakal mengunjungi dua kota sekaligus, yakni Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Tuban.
Merujuk dari agenda kegiatan yang dipublikasikan oleh Tim Kampanye Nasional, Kota Lamongan menjadi persinggahan Ma'ruf pertama di Jatim.

Di 'Kota Soto' itu, Ma'ruf dijadwalkan menjadi salah satu pembicara seminar nasional di Universitas Islam Darul Ulum, Lamongan pada Pukul 10.00-12.30 WIB.


"Mengisi Seminar Nasional bertema 'Merajut Kemaslahatan JKN bagi Ummat," mengutip agenda kegiatan Ma'ruf yang dipublikasi timsesnya.

Seusai agenda itu, Ma'ruf lantas bertolak sejauh 18 kilometer ke arah barat menuju Pondok Pesantren Langitan yang ada di Kabupaten Tuban.

Pada agenda tersebut, Ma'ruf dijadwalkan menghadiri Haul Masyayikh Pesantren Langitan ke-48 sekaligus bersilaturahmi dengan  pimpinan dan para santri di pesantren yang didirikan oleh kiai Muhammad Nur itu.
Di hari kedua, Ma'ruf akan menghabiskan harinya di Pulau Madura untuk mengunjungi dua pondok pesantren sekaligus.

Pada pukul 08.30 WIB, Ma'ruf dijadwalkan mengunjungi salah satu pondok pesantren yang terletak di kawasan Kecamatan Arusbaya Kabupaten Bangkalan, Madura.

Meski begitu, agenda tersebut tak mencantumkan nama pesantren yang menjadi tempat destinasi mantan Rais Aam PBNU tersebut.

Setelah agenda itu, Ma'ruf bergeser ke Pondok Pesantren KH Mahfud yang masih terletak di Pulau Madura pada pukul 15.00-17.00 WIB. 

Di situ, Ma'ruf bakal bersilaturahmi dengan pimpinan dan para santri di pondok pesantren tersebut.

Maruf sedianya akan bertolak ke Jakarta dengan menggunakan pesawat dari Bandara Juanda, Surabaya sekitar pukul 19.00 WIB

Lawatan Ma'ruf ke Jatim kali ini adalah kali kedua usai dirinya ditetapkan sebagai cawapres pendamping Jokowi oleh KPU akhir September lalu.
Sebelumnya, pada 27-28 September lalu, Ma'ruf maraton mengunjungi delapan pondok pesantren yang tersebar di Jember, Probolinggo, Pasuruan dan Sidoarjo.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding mengungkapkan kunjungan Ketua MUI ke Jawa Timur itu sebagai strategi meraup dukungan di basis wilayah muslim terutama kalangan NU.

"Yang kita harapkan adalah, besarnya dukungan dari santri dari ponpes, dari NU, kita ketahui bahwa NU terutama, paling basis di Jatim," kata Karding saat dihubungi CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Sandi Jawab Netizen
Berbeda dengan Ma'ruf, calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno hari ini, Kamis (18/10), dijadwalkan melakukan kegiatan di Jakarta. Menurut informasi Media Center Prabowo-Sandi, mantan Wagub DKI itu akan melakukan wawancara untuk buku "Bahagia Ketika Hidup dan Sesudah Mati" oleh Mujahidin di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada pukul 14.45-15.15.

Sandi juga dijadwalkan menjalani tanya jawab dengan netizen dalam 'Jawab Netizen Bareng Bang Sandi Uno' (Live Instagram dan Facebook).
Selanjutnya mengadakan pertemuan simpul Relawan Roemah Djoeang Prabowo-Sandi di Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,.
Malam hari, Sandi menghadiri pembukaan Indonesia Contemporary Art & Design (ICAD) 2018 di Kemang Raya, Jakarta Selatan

(rzr/dea)