Ma'ruf Ajak Kaum Ahli Memaki 'Al Makiyun' Hijrah Jadi Santun

CNN Indonesia | Minggu, 04/11/2018 19:06 WIB
Ma'ruf Ajak Kaum Ahli Memaki 'Al Makiyun' Hijrah Jadi Santun Cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin. (CNN Indonesia/Kustin Ayuwuragil).
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon wakil presiden nomor urut 1, Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa di Indonesia ini masih banyak 'al-makiyun' alias ahli memaki. Oleh karena itu, dia ingin mengajak para 'ahli' memaki untuk hijrah menjadi para ahli santun dalam Pilpres 2019.

"Di Indonesia ini katanya banyak al makiyun. Al-makiyun itu bukan ahli Mekkah tetapi ahli memaki-maki," ujar Ma'ruf dalam acara soft launching Rumah Aspirasi Rakyat, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (4/11).

Ma'ruf menilai jalinan komunikasi harusnya dilakukan dengan santun dan sopan. Bukan sebaliknya dengan memaki-maki dengan kata kasar.


"Ya komunikasi itu jangan pakai cara maki-maki," ucap pasangan capres nomor urut 1 Joko Widodo ini.

Ma'ruf mengulang penggunaan kata hijrah yang sempat dipakai Jokowi sebelumnya. Dia mengatakan ingin cara komunikasi yang penuh caci maki dan kebencian itu untuk hijrah menjadi lebih baik dan santun. Oleh karena dia mendukung dan mengapresiasi diluncurkannya Rumah Aspirasi Rakyat ini.

"Saya menyambut baik dan apresiasi terhadap rumah ini. Saya kira menjadi sangat penting karena kita sedang menuju perubahan yang lebih baik," kata Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini.

Ma'ruf berharap Rumah Aspirasi Rakyat ini dapat membawa perubahan-perubahan yang baik dari yang sudah dilakukan Jokowi sebagai Presiden selama empat tahun terakhir melalui aspirasi masyarakat.

"Dalam rangka menambah program-program yang lebih aspiratif, dalam rangka melakukan adjustment terhadap perubahan yang perlu diperbaiki. Rumah aspirasi jadi penting untuk berdiskusi, menyampaikan kebolehan kebudayaan," lanjutnya.

Sementara itu, Rumah Aspirasi Rakyat dibuka untuk masyarakat umum, terutama yang tidak berkenaan dengan politik keras. Setiap harinya, rumah yang terletak di kawasan Menteng ini menjadwalkan program-program mulai dari diskusi politik, diskusi untuk anak muda, untuk perempuan, pengajian, pentas seni, dan lainnya.

Acara soflaunching ini selain diresmikan oleh Ma'ruf Amin juga dihadiri oleh Sekretaris TKN, Hasto Kristiyanto. (kst/osc)