Tim Prabowo Sebut Punya Banyak Pengacara Tak Dibayar

Antara, CNN Indonesia | Selasa, 06/11/2018 12:27 WIB
Tim Prabowo Sebut Punya Banyak Pengacara Tak Dibayar Sufmi Dasco menyebut banyak lawyer di kubu Prabowo yang siap tidak dibayar. Foto: CNN Indonesia/Abi Sarwanto
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi merespons penunjukan Yusril Ihza Mahendra yang menjadi pengacara Jokowi-Ma'ruf Amin. BPN juga menyoroti tarif gratis jasa hukum Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) tersebut.

"Kalau di pihak sana ada Yusril sebagai profesional, di koalisi Prabowo-Sandi ada banyak pengacara profesional yang tidak dibayar," ujar Direktur Advokasi BPN Prabowo-Sandi, Sufmi Dasco Ahmad, Selasa (6/11).

Dasco dalam kesempatan tersebut juga menepis tudingan yang menyebut BPN merekrut Hotman Paris Hutapea sebagai pengacara tim pemenangan. Bantahan tersebut dilayangkan merespons pernyataan Yusril Ihza Mahendra bahwa Hotman Paris telah menjadi pengacara Prabowo-Sandi di Pilpres 2019.


"Dari tim Prabowo-Sandi, saya sebagai Direktur Advokasi memastikan bahwa kami tidak melakukan perekrutan," kata Dasco.


Dia mengatakan, Hotman memang sudah lama menjadi pengacara di beberapa perusahaan milik Hasyim Djojohadikusumo yang merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra. Menurut dia, hubungan Hotman tidak menyangkut politik, hanya sebatas profesional.

Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra menyatakan telah setuju menjadi pengacara pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin. Yusril sebelumnya mengaku mendengar dari pihak orang dekat Prabowo dan Anies Baswedan bahwa capres Prabowo Subianto telah menunjuk Hotman Paris sebagai kuasa hukum pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Saya mendengar dari pihak Pak Prabowo dan Pak Anies, sudah menunjuk Pak Hotman Paris sebagai lawyer-nya. Mudah-mudahan informasi yang saya terima tidak salah," ujar Yusril dalam keterangan tertulis, Senin (5/11).


Dia mengatakan, sebagai sesama profesional menghormati Hotman. Yusril mengatakan Hotman merupakan rekan dan sahabatnya. Kata dia, hubungannya dengan Hotman selama ini baik serta saling hormat-menghormati.

Sementara itu, juru bicara BPN, Dahnil Anzar Simanjuntak mengucapkan selamat kepada Yusril. "Kami hanya mengucapkan selamat untuk Bang Yusril. Saya pikir itu bagus buat Bang Yusril," kata Dahnil kepada CNNIndonesia.com, Senin (5/11).

Kubu Prabowo: Kami Banyak Pengacara yang Tidak DibayarYusril Ihza Mahendra. Foto: CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko

Sementara itu, anggota Direktorat Advokasi dan Hukum BPN Prabowo-Sandi, Ferdinand Hutahaean, mengaku kaget dengan pilihan Yusril bergabung dengan Jokowi. Padahal, kata Ferdinand, selama ini Yusril selalu terlihat berbeda pandangan politik dengan pemerintah.

"Saya tidak ingin masuk ke ranah janji apapun dari Jokowi ke Yusril, itu hak beliau, hak pribadi, hak politik. Cuma kaget saja tidak menyangka kalau Yusril bisa kemudian satu kubu dengan Jokowi," kata Ferdinand dihubungi terpisah.


Ferdinand pun mengaku tak ingin mengomentari lebih lanjut jika memang ada janji-janji politik Jokowi terhadap Yusril atas keputusan tersebut.

"Ini mengagetkan bagi saya. Sungguh sangat mengagetkan. Saya hanya mau bilang, semoga Yusril bahagia bersama Jokowi," ujarnya. (ain)