Anies Bangga Program DP 0 Rupiah 'Ditiru' Jokowi

CNN Indonesia | Sabtu, 10/11/2018 07:02 WIB
Anies Bangga Program DP 0 Rupiah 'Ditiru' Jokowi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bangga Presiden Jokowi mengadopsi program rumah DP nol rupiah yang dijalankannya. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merasa bangga usai Presiden Joko Widodo mengadopsi program rumah DP nol rupiah untuk diberikan kepada aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polri.

Menurutnya ini jawaban bagi pihak yang selama ini mengkritik program kampanye Anies-Sandi tersebut. "Alhamdulillah, artinya itu membuktikan pendekatan memang bisa dilakukan. Dulu kan banyak kritik bahwa ini tidak mungkin ada dp nol, nah ini nyatanya mungkin," ujar Anies saat ditemui di Pecenongan, Jakarta Pusat, Jumat (9/11).


Anies menyadari bisa saja mekanisme yang ditawarkan program rumah DP nol versi pemerintah pusat berbeda dari yang dimiliki Jakarta. Namun program itu tetap bertujuan membantu masyarakat memiliki hunian.


Ia berkata selama ini sedikit sekali bantuan pemerintah terkait hunian. "Kenapa rumah malah kita persulit? Kalaupun tidak dipersulit, tidak dipermudah. Padahal kalau punya hunian itu, nilainya mengalami apresiasi. Kita kan ingin rakyat kita terbawa eskalator apresiasi nilai ekonomi," ucap Anies.

Sebelumnya, pemerintah pusat mengatakan sedang mempersiapkan skema agar ASN, TNI, dan Polri dapat mencicil rumah dp nol rupiah. Bappenas menyiapkan masa cicilan maksimum sampai usia 75 tahun.

(dhf/agt)