Agenda Harian

Ma'ruf Gerilya di Banten, Sandiaga Blusukan di Riau

CNN Indonesia | Senin, 12/11/2018 10:37 WIB
Ma'ruf Gerilya di Banten, Sandiaga Blusukan di Riau Calon wakil presiden Ma'ruf Amin akan berkeliling di Banten dalam agenda kampanye hari ini, Senin (12/11). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin pada hari ini, Senin (12/11), dijadwalkan menghadiri serangkaian acara di provinsi Banten. Sementara calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno memiliki 11 agenda yang digelar di sejumlah lokasi di Riau.

Ma'ruf membuka hari ini dengan menggelar pertemuan antar kiai dan ulama Jakarta Utara di rumahnya di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat.

Acara Ma'ruf selanjutnya dimulai pukul 13.00 WIB. Dia hadir di acara Silaturahim Alim Ulama se-Lebak di Rangkas Bitung, Banten.


Dari acara itu Ma'ruf melanjutkan agendanya dengan menghadiri peresmian Posko Relawan Rakyat Bersama Ulama (Rabu) Provinsi Banten di Ciracas, Kota Serang. Acara akan berlangsung pukul 16.00-17.00 WIB.

Agenda Ma'ruf di Banten berlangsung hingga malam hari. Pada pukul 19.00 WIB dia akan mengikuti tabligh akbar dan konsolidasi gerakan ikhwanul muballihin wilayah Banten Timur. Acara ini digelar di Pondok Pesantren Darul Falahiyah, Cisoka, Tangerang.

Ini menjadi kunjungan Ma'ruf kesekian kalinya ke provinsi Banten. Sehari sebelumnya, Joko Widodo yang menjadi pasangan Ma'ruf di Pilpres 2019 menghadiri acara HUT Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Keempat di ICE BSD, Tangerang.

Di acara itu Jokowi sempat berseloroh bahwa dirinya telah menang di Bandung, Jawa Barat. Jokowi mengaku bisa merasakan itu berdasarkan dari perhitungannya ketika menyalami warga saat kampanye langsung dari pintu ke pintu atau door to door.

"Saya nyalami, saya hitung, saya persentase ya alhamdulillah sudah menang kita, ini dari perasaan lho ya, bukan survei," kata Jokowi, Minggu (11/11).

"Waktu salaman ini dukung atau enggak dukung saya bisa merasakan karena sudah jutaan yang saya salami hampir tiap hari," ujarnya melanjutkan.

Pada pemilu sebelumnya, Jokowi memang menelan kekalahan di provinsi Jawa Barat dan Banten berdasarkan rekapitulasi suara Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla di Pilpres 2014 hanya meraih 9,5 juta suara di Jawa Barat, kalah cukup jauh dari Prabowo Subianto yang meraih 14 juta suara. Di Banten Jokowi-JK meraih 2,3 juta suara, Prabowo-Hatta Rajasa meraup 3,1 juta suara.
Ma'ruf Gerilya di Banten, Sandiaga Blusukan di RiauCawapres Sandiaga Uno menghadiri 11 pertemuan di Riau, Senin (12/11). (CNN Indonesia/Safir Makki)
Sementara itu calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno dijadwalkan menghadiri 11 acara di Riau. 

Sandi memulai kunjungannya di Riau dengan blusukan di Pasar Pagi Simpang Panam Arengka, Pekanbaru. Setelah itu, pukul 10.20 WIB, Sandi hadir di acara silaturahmi dengan kelompok rebana emak-emak se Pekanbaru.

Menjelang siang Sandi berziarah ke Pondek Pesantren Babusalam, masih di Pekanbaru. Selanjutnya, dia akan hadir di acara dialog dengan penggerak UMKM di Desa Kualu, Tambang, Kampas, Riau.

Agenda lain yang dihadiri Sandi antara lain peresmian stadion di Desai Sei Petai, bertemu dengan petani dan penjual jeruk Kampar, serta berdialog soal program OK OCE di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Marpoyan Damai, Riau. (rzr/wis)