Jokowi Lantik KSAD Baru Pagi Ini, Nama Andika Perkasa Menguat

CNN Indonesia | Kamis, 22/11/2018 06:48 WIB
Jokowi Lantik KSAD Baru Pagi Ini, Nama Andika Perkasa Menguat Presiden Joko Widodo akan melantik Letnan Jenderal Andika Perkasa menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), menggantikan posisi Jenderal Mulyono, Kamis (22/11). (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melantik Letnan Jendral Andika Perkasa menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) hari ini, Kamis (22/11). Andika disebut-sebut akan menggantikan posisi Jenderal Mulyono yang memasuki pensiun pada Januari 2019. Hal itu diamini oleh sumber di kalangan Istana.

"Ya, benar (Letjen Andika Perkasa jadi KSAD)," kata sumber CNNIndonesia.com yang enggan disebut namanya saat dihubungi pada Kamis (22/11).

Berdasarkan agenda yang beredar di kalangan wartawan, Kementerian Sekretaris Negara Republik Indonesia akan menggelar pelantikan KSAD di Istana Negara pada pukul 09.00 WIB.



Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen Candra Wijaya mengonfirmasi bahwa sosok KSAD baru akan dilantik di Istana Negara hari ini.

"Betul, pukul 09.00 di Istana," kata Candra saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis.

Meski begitu, Candra enggan menyebut siapa sosok yang akan menggantikan Jenderal Mulyono tersebut.


Ada beberapa calon kandidat kuat yang akan menggantikan Mulyono. Mereka antara lain Wakil KSAD Letjen Tatang Sulaiman, Perwira Staf Ahli (Sahli) Tingkat III Bidang Hubungan Internasional Panglima TNI Herindra, dan Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) Letjen Doni Munardo.

Selain itu ada pula nama Komandan Kodiklat TNI-AD Letjen Anto Mukti Putranto dan Pangkostrad Letjen Andika Perkasa.

Akan tetapi, nama Andika Perkasa menjadi nama terkuat yang berpeluang menjabat sebagai KSAD baru.

Andika sendiri merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987. Ia mengawali kariernya di kesatuan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dan kini menjabat sebagai Panglima Komando Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad).

Andika juga dikenal sebagai menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Abdullah Mahmud Hendropriyono.
(rzr/pmg)