TKN Nilai Pidato Prabowo Daur Ulang Isu Lama, Tak Ada Solusi

CNN Indonesia | Senin, 14/01/2019 21:42 WIB
TKN Nilai Pidato Prabowo Daur Ulang Isu Lama, Tak Ada Solusi Johnny G Plate. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menyatakan tidak ada hal baru dalam Pidato Kebangsaan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Wakil Ketua TKN Johnny G Plate mengatakan Prabowo-Sandi hanya mendaur ulang isu-isu lama.

"Substansi Pidato Kebangsaan Prabowo hanya mendaur ulang isu-isu lama dan tidak ada hal baru," ujar Johnny kepada CNNIndonesia.com, Senin (14/1).


Johnny mengatakan Prabowo hanya membuat daftar panjang sesuatu yang dianggapnya sebagai masalah. Namun, kata dia, hal itu tidak diiringi dengan usulan nyata tentang solusi atau cara pemecahan masalah tersebut.

Sekjen NasDem itu menilai isu lama yang disampaikan Prabowo juga tak didukung dengan data yang komprehensif.

Ia melihat isu lama itu hanya penggalan data untuk mendukung narasi agitasi yang dibangun guna mempengaruhi undicided dan swing voters.

"Konsep reorientasi yang ditawarkan hanyalah berisi slogan-slogan dan bersifat umum. Gambaran umum dan kesan yang diterima tidak lebih dari janji indah saja tanpa program konkret yang berbasis data yang valid," ujarnya.
Johnny juga berpendapat pidato yang disampaikan Prabowo hanya retorika dengan bantuan teleprompter atau alat bantu untuk berbicara di depan umum. Sehingga, ia meminta rakyat tidak tertipu dengan kemampuan Prabowo berorasi.

"Rakyat jangan terkecoh seolah-olah orator tanpa teks. Itu hanya dibaca melalui teleprompter," ujar Johnny.

Prabowo Subianto menyampaikan Pidato Kebangsaan malam ini. Dia mengkritik sejumlah masalah seperti kemiskinan dan kinerja aparat penegak hukum, dan aparat keamanan.

Prabowo juga menyelipkan visi misi yang dia kemas dalam lima fokus nasional.

Fokus pertama adalah mewujudkan ekonomi yang mengutamakan rakyat, ekonomi yang adil, ekonomi yang memakmurkan semua orang Indonesia, dan ekonomi yang melestarikan lingkungan Indonesia.

Kedua, Prabowo menyatakan ingin meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan sosial. Selanjutnya, memastikan keadilan hukum dan menjalankan demokrasi yang berkualitas. Keempat Prabowo adalah menjadikan Indonesia rumah yang aman bagi semua rakyatnya. Fokus terakhir, kata Prabowo adalah penguatan karakter dan kepribadian bangsa.
(jps)