Anies Resmikan Fasilitas 'Mandi' Truk Sampah di Bantargebang

CNN Indonesia | Selasa, 15/01/2019 13:36 WIB
Anies Resmikan Fasilitas 'Mandi' Truk Sampah di Bantargebang Truk sampah yang akan membuang sampah ke Bantargebang, Bekasi. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambangi Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (15/1). Dalam kunjungan tersebut Anies juga sekaligus meresmikan fasilitas pencucian untuk truk sampah.

Anies menyebut kunjungan tersebut dalam rangka peninjauan pelaksanaan Kegiatan Strategis Daerah tentang Optimaliasasi TPST Bantargebang. Anies mengatakan dengan fasilitas pencucian truk, maka truk sampah yang sebelummya membawa sampah dari Jakarta ke Bantargebang bisa dibersihkan lebih dulu sebelum kembali ke Jakarta.

"Sehingga tidak menimbulkan gangguan di masyarakat," kata Anies di lokasi, Selasa (15/1).



Anies menuturkan truk yang rutin membawa sampah dengan volume besar bila tidak dibersihkan secara rutin maka bau akan muncul. Jika kondisi ini terjadi secara terus menerus, kata Anies, lama-kelamaan akan susah untuk dihilangkan.

Selama ini, kata Anies, pembersihan sebenarnya sudah dilakukan namun pembersihannya masih secara manual saja. "Dengan fasilitas ini insyaallah akan bisa bersih dan kembali dalam kondisi yang nyaman bagi kita semua yang ada di perjalanan antara Bantargebang dan DKI," tuturnya.


Cuci Truk 24 Jam

Fasilitas pencucian truk itu akan beroperasi selama 24 jam. Dengan demikian, sebanyak kurang lebih 1.278 truk yang tiap harinya mengangkut sampah dari Jakarta ke Bantargebang bisa terfasilitasi di tempat pencucian tersebut.

Fasilitas tersebut, sambung Anies, mampu mencuci 16 truk sekaligus dengan durasi pencucian untuk setiap truk selama kurang lebih tiga menit.

Anies yang sempat menjajal langsung proses pencucian truk tersebut berpendapat alat semprot jarak dekat yang digunakan untuk mencuci truk masih kurang optimal. Ia pun berharap ke depannya agar alat semprot tersebut bisa segera diperbaiki.

"Ini yang harus nanti dikoreksi supaya alat penyemprotnya lebih kuat lebih fokus dan bisa jarak yang cukup panjang," ujar Anies.

Selain meresmikan fasilitas pencucian truk, Anies juga menyaksikan penandatanganan serah terima pinjam pakai truk sampah dari Pemprov DKI kepada Pemkot Bekasi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Isnawa Adji menyampaikan tahun ini pihaknya menambah lima truk sampah untuk dipinjam pakai oleh Pemkot Bekasi.

"Sebelumnya ada 50 truk yang sudah kita pinjam pakaikan ke pemerintah kota Bekasi, ini ditambah yang baru lagi lima jadi sekarang sudah 55 untuk kota Bekasi," kata Isnawa.

(dis/ain)