JK soal Debat Capres Perdana: Habis Debat Kita Ketawa-tawa

CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 19:46 WIB
JK soal Debat Capres Perdana: Habis Debat Kita Ketawa-tawa Wapres Jusuf Kalla mengaku tak sabar nonton debat capres perdana di rumah dinasnya. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) akan menyaksikan debat capres perdana di rumah dinas di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Kamis (17/1) malam. Debat pilpres 2019 perdana akan dimulai pukul 20.00 WIB dan ditayangkan secara langsung di sejumlah stasiun televisi.

JK mengaku tak sabar ingin menonton debat tersebut. Bahkan saat mengisi acara kuliah umum siang tadi, JK mengatakan ingin cepat pulang.

"Sebenarnya hari ini, hari yang pendek. Hampir semua ingin pulang cepat untuk melihat acara TV tentang hal ini (debat capres)," ujar JK berseloroh.


JK meyakini debat antara Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan berlangsung lancar dan kondusif.

"Habis debat kita ketawa-tawa bersama dan semua kembali baik, itulah suatu hal yang cukup buat kita bergembira," katanya.


Debat capres perdana ini mengangkat tema penegakan hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Debat akan dipandu oleh moderator Ira Koesno dan Imam Priyono di Hotel Bidakara.

JK merupakan ketua dewan pengarah tim kampanye Jokowi-Ma'ruf. Ia disebut turut menjadi mentor debat bagi pasangan calon nomor urut 01 tersebut.

Orang nomor dua di Indonesia itu sempat mengkritik kisi-kisi pertanyaan debat yang diberikan terlebih dulu oleh KPU. Menurut dia, kisi-kisi itu membuat jawaban yang muncul bukan murni dari paslon melainkan tim sukses.

Jadwal debat perdana ini adalah Kamis 17 Januari pukul 20.00 WIB dan wajib disiarkan 18 stasiun antara lain TVRI, RRI, Kompas TV, Rajawali TV, RCTI, GTV, MNC TV, iNews TV, Trans TV, Trans7, CNNIndonesia, MetroTV, SCTV, Indosiar, TVOne, ANTV, Berita Satu TV, dan Net TV.


Sementara Anda yang ingin menyaksikan secara live streaming atau mengikuti live report bisa mengakses CNNIndonesia.com.

KPU sebelumnya menjelaskan debat capres perdana 2019 akan dibagi ke dalam enam segmen.

Segmen pertama berisi pemaparan visi dan misi kandidat terkait tema yang didebatkan selama 23 menit 15 detik. Kemudian segmen dua dan tiga akan menjadi kesempatan kandidat menjawab pertanyaan dari tim panel. Masing-masing segmen berdurasi 15 menit 30 detik.

Segmen keempat dan kelima akan jadi kesempatan kandidat untuk saling mencecar pertanyaan. Total durasi untuk saling cecar adalah 26 menit. Debat akan ditutup di segmen enam dengan pernyataan penutup dari masing-masing kandidat.

KPU mengatur debat perdana capres hanya akan dihadiri lima ratus orang undangan. Masing-masing kandidat dipersilakan mengundang seratus orang.

(psp/DAL)