Usai Debat Pilpres 2019, Jokowi Cukur Rambut di Garut

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 19/01/2019 12:49 WIB
Usai Debat Pilpres 2019, Jokowi Cukur Rambut di Garut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri untuk mencukur rambutnya di Situ Bagendit, Sabtu (19/1). (Foto: CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Garut, CNN Indonesia -- Di sela-sela kunjungan kerjanya ke Kabupaten Garut, Jawa Barat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri untuk mencukur rambutnya.

Jokowi awalnya berencana melihat acara cukur massal di Situ Bagendit, Sabtu (19/1). Setiba di lokasi acara, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana sempat melihat terlebih puluhan warga yang sedang dicukur. Dia lantas diarahkan untuk duduk di kursi yang telah disiapkan panitia.

Selain Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono ikut bagian dalam cukur rambut massal ini.


Sementara itu Koordinator Staff Khusus Presiden, Teten Masduki, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tak ikut mencukur rambutnya.

Setelah Jokowi siap duduk di kursinya, Herman yang telah menjadi tukang cukur mantan Gubernur DKI Jakarta itu sejak 2013 lalu langsung mempersiapkan alat cukur.

Secara perlahan Herman memotong rambut Jokowi mulai dari bagian sisi kiri, belakang, hingga ke sisi kanan. Iriana terlihat duduk di sisi kanan Jokowi sembari memperhatikan rambut sang suami dicukur.

Jokowi tampak santai dan sesekali melontar canda kepada awak media yang berada di depannya. Dia meminta wartawan untuk geser sedikit lantaran ingin melihat Situ Bagendit.

Mantan wali kota Solo itu juga sempat menawarkan wartawan untuk ikut cukur bersama dirinya.

"Yang rambutnya panjang cukur sini, saya bayarin," kata Jokowi.

Herman membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memangkas rambut orang nomor satu di Indonesia itu. Terlihat rambut Jokowi lebih rapih dengan belahan rambut ke sisi kanan.

Aksi potong rambut Jokowi ini turut menjadi perhatian warga Garut yang sedang bermain di kawasan Situ Bagendit. Acara cukur massal ini digagas Persaudaraan Pangkas Rambut Garut (PPRG).

Tukang Cukur Langganan

Usai potong rambut, Jokowi mengatakan bahwa Herman adalah tukang cukur dirinya sejak menjadi gubernur DKI Jakarta. Menurut dia, sudah enam tahun dirinya kerap dicukur oleh Herman ketika berada di Jakarta.

"Mas Herman ini kebetulan memang dari Garut. Kalau di Bogor saya ada juga satu mas Jumadi, itu dari Indramayu," kata dia.

Saat disinggung model potongan rambutnya, Jokowi menyebut model mohawk sembari berkelakar. mantan wali kota Solo itu mengaku bangga dengan tukang cukur yang berasal dari Garut.

"Tukang cukur kan sebuah keahlian dalam industri kreatif fesyen kecantikan. Saya melihat memang di Garut ini memiliki sebuah genetis turun temurun dan keahlian itu," ujarnya. (fra/mik)