Sandiaga Klaim Petani Jawa Tengah Kecewa Impor di Waktu Panen

bmw, CNN Indonesia | Jumat, 08/02/2019 20:05 WIB
Sandiaga Klaim Petani Jawa Tengah Kecewa Impor di Waktu Panen Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Solo, CNN Indonesia -- Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyebut masyarakat Jawa Tengah sangat memperhatikan isu mulai dari kasus korupsi hingga pertanian. Dia mengutarakan hal tersebut merujuk dari hasil kunjungan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi ke berbagai wilayah di Jawa Tengah.

Sandi mengatakan untuk isu pertanian, para petani di Jawa Tengah menyoroti kebijakan impor saat musim panen.

"Kebijakan impor di saat panen itu sangat disayangkan oleh para petani karena menyengsarakan petani dan memiskinkan petani," ujar Sandi usai rapat bersama petinggi BPN di Hotel Lor-In, Solo, Jawa Tengah, Jumat (8/2).


Sandi mengatakan masyarakat Jawa Tengah juga mendambakan stabilitas harga bahan pokok. Menurut Sandi, dirinya dan Prabowo ingin menjawab keluhan masyarakat mengenai hal itu.

Dia menilai stabilitas harga bahan pokok dapat tercapai jika pertanian ditopang oleh pupuk serta obat tanaman yang harganya terjangkau.

Isu lain yang disebut mendapat sorotan warga Jateng adalah korupsi dan pemberantasan korupsi. Dia lantas menyoroti persoalan hukum, termasuk aksi pengeroyokan terhadap pegawai KPK di Hotel Borobudur, Jakarta, baru-baru ini.

Sandi menilai masyarakat Jawa Tengah sangat menginginkan perubahan, terutama hal-hal yang berkenaan dengan sisi kebangsaan. Apalagi, klaim Sandi, masyarakat Jawa Tengah merasakan langsung dampak dari masalah tersebut.

"Oleh karena itu kami berkomitmen, kita melihat sekarang sudah ada perlawanan terhadap upaya penegakan hukum dan aparat KPK malah sekarang sudah berani di-challenge," ucap Sandi.

Isu-isu di Jateng itu sudah dipaparkan dalam rapat bersama BPN di Hotel Lor-In di Solo hari ini. Sandi ingin tim terus menyampaikan apa saja yang akan dilakukan Prabowo-Sandi untuk menjawab segala permasalahan yang ada.

"Kalau kami konsisten menyampaikan ini peluang kami Jawa Tengah mendapatkan hasil yang baik sangat terbuka sekali," ujar Sandiaga.

Rapat konsolidasi di Solo pada hari ini dihadiri sejumlah elite BPN Prabowo-Sandi. Mereka rapat mengevaluasi hasil kunjungan ke masyarakat di berbagai daerah.

Evaluasi dalam rapat itu akan digunakan untuk persiapan debat capres kedua 17 Februari mendatang. Adapun tema debat kedua nanti adalah energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Debat pilpres kedua hanya mempertemukan Joko Widodo dan Prabowo Subianto selaku capres. Cawapres Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno tidak wajib hadir di acara. (scn/wis)