Hasto Sebut Tema Debat Kedua Makanan Sehari-hari Jokowi

CNN Indonesia | Rabu, 13/02/2019 17:17 WIB
Hasto Sebut Tema Debat Kedua Makanan Sehari-hari Jokowi Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyebut Jokowi memahami dengan baik tema debat capres, layaknya makanan sehari-hari capres petahana. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo siap menghadapi debat capres putaran kedua pada 17 Februari mendatang.

Hasto mengatakan topik debat putaran kedua tersebut adalah makanan sehari-hari Jokowi. Diketahui debat kedua akan mengangkat topik pangan, energi, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

"Itu makanan sehari-hari Pak Jokowi," ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13/2).


Menurut Hasto, pihaknya siap menerima serangan-serangan dari kubu Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto saat debat nanti.

Saat ditanya terkait rekomendasi Wakil Ketua Partai Gerindra Fadli Zon ke Prabowo agar membahas soal infrastruktur mangkrak, Hasto mengaku tidak khawatir. Ia yakin Jokowi dapat menjawab semua hal tersebut.

"Rekomendasi Fadli gampang jawabnya, tenang saja," ujarnya.


Lebih lanjut Hasto mengatakan pihaknya merasa diuntungkan dengan tidak dibagikannya kisi-kisi pertanyaan di debat. Hal itu karena Jokowi memiliki memori yang baik dalam menyampaikan materi yang ditanyakan saat debat.

"Apalagi tidak ada kisi-kisi, itu mendukung pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf untuk tampil dengan baik, enggak perlu hafalan," katanya.

Debat kedua capres dalam Pemilu 2019 akan digelar pada 17 Februari 2019 di Hotel Sultan, Jakarta. Debat kali ini akan dipandu moderator Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

Debat yang mempertemukan capres versus capres itu mengusung tema pangan, energi, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.


Sementara itu dari persiapan pengamanan, diketahui polisi bakal menyiapkan empat lapis pengamanan.

Kepala Biro Penerangan Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan pola pengamanan tersebut hampir sama dengan pola pengamanan yang diterapkan pada debat pilpres putaran pertama.

"Polanya sama yang dilakukan Polda Metro Jaya pada saat debat pertama, menggunakan pola empat ring sudah sangat kondusif," kata Dedi saat dikonfirmasi, Rabu (13/2).

Rincian empat lapis pengamanan tersebut yakni, ring I merupakan area yang dijaga oleh Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres). Kemudian ring 2 meliputi area hotel akan dijaga personel TNI-Polri. Ring III merupakan halaman parkir, dan ring IV adalah jalur keluar-masuk pasangan calon termasuk jalur evakuasi darat dan udara jika terjadi hal darurat lainnya.

Selain empat ring pengamanan, kata Dedi, polisi juga telah menyiapkan jalur penyelamatan jika terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan.

(sah/ain)