Caleg Gerindra Gantung Diri, Fadli Zon Usut Motif ke Keluarga

CNN Indonesia | Rabu, 13/02/2019 18:38 WIB
Caleg Gerindra Gantung Diri, Fadli Zon Usut Motif ke Keluarga Fadli Zon berencana mencari tahu motif yang mendasari caleg Gerindra bunuh diri. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon berencana menemui keluarga calon anggota legislatif DPRD Kabupaten Pesisir Selatan dari Partai Gerindra, Shanie Fiercelly yang ditemukan bunuh diri. Caleg Gerindra gantung diri di dalam rumahnya di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Fadli bakal mengonfirmasi dan mengecek kebenarannya soal motif bunuh diri Shanie ke pihak keluarga.

"Nanti kami cek kebenarannya kenapa. Mungkin harus ditemui keluarganya, apa masalah-masalahnya. Nanti kami akan datangi," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (13/2).

Dalam pemeriksaan kepolisian setempat, Shanie diduga bunuh diri akibat depresi terkait persoalan keuangan dan keluarga sejak menjadi caleg untuk maju di Pemilu 2019.


Fadli membantah bila Partai Gerindra meminta biaya mahar politik untuk maju sebagai calon anggota legislatif. Ia menyebut Gerindra bahkan membantu pasokan atribut bagi para calegnya untuk berkampanye.

"Kalau biaya kampanye kan tergantung kreativitas masing-masing. Ada yang kampanyenya melalui medsos, ada yang datang door to door. Ada yang pakai baliho, ada yang pakai stiker. Cara masing masing untuk bekerja," kata dia.

Fadli menyadari para caleg yang belum popular harus bekerja lebih keras dan kreatif untuk meraih simpati masyarakat.

Kondisi itu, kata dia, berbeda dengan caleg yang memiliki popularitas yang kuat seperti artis dan tokoh agama yang sebelumnya sudah dikenal luas masyarakat

"Kalau yang punya modal sosial cukup kuat seperti artis, kiai, dan sebagainya ya tentu mereka akan jauh lebih mudah untuk sosialisasi karena mereka sudah dikenal oleh masyarakat," kata dia.

(rzr/gil)