Fadli Zon Blusukan ke Tambak Lorok: Temui Nelayan itu Gampang

CNN Indonesia | Kamis, 21/02/2019 08:04 WIB
Fadli Zon Blusukan ke Tambak Lorok: Temui Nelayan itu Gampang Fadli Zon menyebut blusukan adalah hal yang mudah, bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Surabaya, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon menanggapi tudingan sejumlah pihak yang menuduhnya meniru gaya Presiden Joko Widodo dengan melakukan blusukan ke Tambak Lorok, Semarang. Aksi Fadli diklaim sebagai bukti bahwa blusukan mengunjungi warga adalah hal yang mudah.

"Incognito (kunjungan senyap) enggak ada masalah, saya bilang gampang untuk melakukan incognito," Kata Wakil Ketua DPR RI tersebut, usai melakukan kunjungan ke Rutan Klas 1 Surabaya, Medaeng, Sidoarjo, Rabu (20/1) malam.

Fadli menyebut kunjungannya ke Tambak Lorok itu terjadi saat ia berada di dekat dengan wilayah tersebut. Menurut dia hal itu juga bisa dilakukan semua orang, kapan saja waktunya.


"Ya memang tadi datang ke sana kemudian dekat ke wilayah itu, sambil mampir yang mana sih disebut dengan Tambak Lorok," kata dia.


Di sana, Fadli mengaku ingin mendengar langsung cerita sejumlah nelayan yang mengeluhkan kondisi perekonomiannya menjadi semakin sulit. Fadli juga menanyakan soal tangkapan ikan, yang bagi nelayan kebanyakan semakin minim karena sulitnya mencari ikan bahkan dalam radius satu kilometer dari bibir pantai.

Hal tersebut, kata Fadli, baru diketahuinya secara langsung. Untuk itulah ia perlu melakukan incognito di Tambak Lorok, Semarang. "Kita kan perlu tahu bagaimana kehidupan mereka. Tapi menurut saya, mereka sangat kesulitan sekali untuk sejahtera," ujarnya.

Pemerintah, kata dia, harusnya lebih memiliki kepedulian terhadap kaum nelayan, petani, buruh yang dengan memberikan fasilitas dan kemudahan terhadap kerja mereka. "Kita harus punya keberpihakan dan juga harus memberikan fasilitas kemudahan-kemudahan juga kepada mereka," kata dia.


Diketahui, dalam debat capres kedua pada Minggu (17/2) kemarin, Jokowi bercerita pernah melakukan kunjungan ke Tambak Lorok, Semarang. Jokowi mengaku kunjungan itu dilakukannya hanya berdua saja bersama sopirnya, dengan senyap dan dalam waktu tengah malam gelap.

Fadli pun melakukan aksi serupa dengan incognito ke Tambak Lorok, Semarang. Aksi tersebut terlihat dari unggahan Fadli di akun Twitter pribadinya. Dalam foto yang diunggahnya, terlihat Fadli yang mengenakan baju warna hitam sedang berbincang dengan seseorang yang disebutnya nelayan.

"Incognito ke Tambak Lorok, Semarang, siang ini. Memang bukan tengah malam. Ngobrol dengan nelayan," tulis Fadli dalam unggahannya, Rabu (20/2).


(frd/ain)