Luhut Sebut Sudirman Said Ngawur soal Pertemuan Bos Freeport

CNN Indonesia | Kamis, 21/02/2019 15:08 WIB
Luhut Sebut Sudirman Said Ngawur soal Pertemuan Bos Freeport Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan saat berkunjung ke kantor redaksi CNNIndonesia beberapa waktu lalu. (CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan membantah tudingan eks Menteri ESDM Sudirman Said yang menyebut Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pernah melakukan pertemuan rahasia dengan Chairman of the Board PT Freeport McMoran Inc, James R Moffett.

Luhut menyebut Jokowi bukan tipikal pemimpin yang suka membuat pertemuan-pertemuan rahasia seperti itu.

"Tidak adalah, Pak Jokowi tuh tidak ada yang diam-diam. Ngarang saja itu," kata Luhut saat ditemui di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Kamis (21/2).


Luhut menyebut semua proses diskusi hingga Freeport kembali menjadi milik Indonesia dilakukan secara terbuka dan transparan. Ia juga menampik ada poin-poin perjanjian yang merugikan Indonesia seperti yang ditudingkan Sudirman.

"Tanya saja dia (Sudirman)," kata Luhut saat diminta lebih lanjut.


Sebelumnya, Sudirman yang kini menjadi Direktur Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menuding Jokowi melakukan pertemuan secara sembunyi-sembunyi dengan James R Moffett.

Sudirman menyebut pertemuan Jokowi dengan Moffett terjadi di Kompleks Istana Kepresidenan pada 6 Oktober 2015. Saat itu, mereka sedang merumuskan perpanjangan kontrak Freeport.

Sudirman mengaku diundang dan hadir di kesempatan itu. Didampingi Moffett, Jokowi meminta Sudirman membereskan semua keperluan untuk perpanjangan kontrak Freeport.

"Ada Setneg, Sekab tapi dibilang pertemuan ini tidak ada," kata Sudirman dalam sebuah diskusi di salah satu restoran di Jakarta Selatan, Rabu (20/2).

Jokowi sendiri sudah membantah klaim Sudirman itu. Jokowi menyebut beberapa kali menggelar pertemuan dengan Moffett, tapi dilakukan secara terbuka.

"Enggak sekali dua kali ketemu, gimana si kok diam-diam. Ya, Ketemu bolak-balik, enggak ketemu sekali dua kali," ujar Jokowi di Hotel El Royale, Jakarta, Rabu (20/2).


[Gambas:Video CNN] (dhf/kid)