Performa Ma'ruf Melebihi Dugaan Saat Debat, Sandiaga Terukur

CNN Indonesia | Senin, 18/03/2019 01:19 WIB
Performa Ma'ruf Melebihi Dugaan Saat Debat, Sandiaga Terukur Debat cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin, dan nomor urut 02, Sandiaga Uno. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim Kampanye Nasional (TKN) mengatakan penampilan cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin pada Debat Pilpres malam ini melebihi dugaan. Sedangkan menurut Badan Pemenangan Nasional menyatakan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno, tampil dengan sangat terukur.

Wakil Ketua TKN, Rosan Roeslani, menyebut penampilan Ma'ruf selama debat terlihat tenang. Hal itu terlihat dari jawaban-jawaban yang disampaikan. Bahkan, dikatakan Rosan, Ma'ruf juga menggunakan data-data dalam memberikan jawaban.
"Saya rasa itu is beyond our expectation, benar-benar jawaban beliau itu sangat tepat," kata Rosan dalam konferensi pers usai pelaksanaan debat di Hotel Sultan, Minggu (17/3).

Selain itu, dikatakan Rosan, jawaban yang dilontarkan Ma'ruf juga mampu memberikan gambaran tentang langkah atau rencana yang ke depannya akan dilakukan oleh pemerintah jika Jokowi-Ma'ruf menang.


"Beliau bisa menjawab dan juga mengarahkan apa yang akan dilakukan oleh pemerintah ke depannya," ucap Rosan.
Secara keseluruhan Rosan mengapresiasi kedua cawapres pada debat malam ini, karena mampu menyampaikan sejumlah solusi terkait dengan tema debat yang diusung.

Sementara itu, Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional Sudirman Said menyebut bahwa penampilan Sandi pada debat malam ini sangat terukur dan detail.

"Kita saksikan Sandi yang sangat terukur, sangat detail, sangat menguasai bidang-bidang yang didiskusikan," ucap Sudirman.

Meski begitu, soal performa debat malam ini, antara Sandi dengan Ma'ruf, Sudirman menyerahkan kepada masyarakat untuk melakukan penilaian secara objektif.
"Biarkan masyarakat secara objektif menilai bagaimana performance masing-masing," katanya. (ayp/ayp)