Sandi Ikut Isra Mi'raj di Bogor, Ma'ruf ke Daerah Pertempuran

CNN Indonesia | Rabu, 03/04/2019 11:23 WIB
Sandi Ikut Isra Mi'raj di Bogor, Ma'ruf ke Daerah Pertempuran Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02 Sandiaga Uno akan mendatangi dua agenda terkait peringatan Isra Mi'raj hari ini. Hal ini mengingat anjuran Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar tidak menggelar kampanye terbuka di hari besar keagamaan.

Bertepatan dengan hari peringatan Isra Mi'raj, Sandiaga pun hanya akan menghadiri dua undangan kegiatan saja.

"Saya diundang acara istigosah Bogor Bermunajat di Mekar Sari, Bogor dan menghadiri peringatan Isra Mi'raj di pesantren Al-Itqon di Cengkareng, tidak ada kegiatan kampanye," kata Sandi dalam keterangan tertulis yang dikutip dari rilis, Rabu (3/4).


Berdasarkan agenda kegiatan, Sandi memang dijadwalkan hadir di acara Bogor Bermunajat di Taman Buah Mekar Sari, Bogor, Jawa Barat. Selain di Bogor, Sandi juga dijadwalkan memenuhi undangan Isra Miraj di pesantren Al-Itqon Cengkareng Barat, Jakarta Barat .


Dia juga akan menghadiri kegiatan doa bersama dan peringatan Isra Mi'raj di kawasan Kuningan, Jakarta, dengan keluarga Bugis di Indonesia.

Pagi ini, Sandi sempat melakukan rutinitas di kawasan Jakarta Selatan, setelah beberapa hari menggelar kampanye di sejumlah daerah di Indonesia.

Kegiatan pertama mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini yakni lari pagi bersama sejumlah anggota komunitas berlari, kelompok asuhannya.


Sandi berlari di jalanan komplek sekitar rumahnya di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Cuaca mendung saat Sandi dan anggota komunitasnya lari pagi sejak pukul 06.00 WIB.

Kegiatan lari pagi ini sendiri disebut-sebut sebagai salah satu kegiatan preventif yang dilakukan Sandi. Kegiatan ini sekaligus menjadi promosi program kesehatan yang sempat disampaikan Sandi saat debat ketiga Pilpres 2019. Dia akan mengajak warga berolahraga pagi selama 22 menit setiap hari.
Sandi Hadiri Isra Mi'raj di Bogor, Ma'ruf ke SukabumiCalon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jabar Daerah Pertempuran

Sementara di pihak lain, calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin hari ini menghadiri acara Isra Mi'raj di Wisma Kinasih, Sukabumi, Jawa Barat pada pagi ini. Dia menempuh perjalanan darat menggunakan mobil.

"Karena Jabar kan betul-betul daerah pertempuran lah. Abis itu tanggal 6 (April) Banten, 7 (April) Banten juga," kata Ma'ruf saat ditemui di Jakarta sebelum bertolak ke Sukabumi.

Setelah itu, Ma'ruf kembali ke kediamannya di Jakarta. Pada sore hari, dia akan menghadiri acara deklarasi eksponen Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Rumah Aspirasi, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat.


Sebelumnya, KPU meminta pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk tak kampanye terbuka saat perayaan Isra Miraj pada Rabu (3/4).

Komisioner KPU Wahyu Setiawan menyampaikan imbauan untuk tak berkampanye saat Isra Mi'raj untuk menghormati umat Islam.

"Kami mengimbau peserta pemilu bertoleransi karena itu hari peringatan Isra Mi'raj, hari besar umat Islam. Maka kita mengimbau kampanye rapat umum ditiadakan," ujar Wahyu saat ditemui di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (2/4).

[Gambas:Video CNN] (rzr/pmg)