Puluhan Reog Ponorogo Ikut Kampanye Akbar Jokowi di GBK

CNN Indonesia | Sabtu, 13/04/2019 14:13 WIB
Puluhan Reog Ponorogo Ikut Kampanye Akbar Jokowi di GBK Puluhan reog berjalan beriringan dari kawasan Parkir Timur Senayan menuju SUGBK, Jakarta. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kesenian reog asal Ponorogo, Jawa Timur, ikut memeriahkan kampanye akbar pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Sabtu (13/4). Puluhan reog ini berjalan beriringan dari kawasan Parkir Timur Senayan menuju SUGBK.

Salah seorang panitia menyatakan terdapat 72 reog yang ikut memeriahkan kampanye Jokowi-Ma'ruf. Reog-reog tersebut berasal dari sanggar yang berada di kawasan Jabodetabek. Reog ini disiapkan menyambut Jokowi-Ma'ruf.

Pantauan CNNIndonesia.com, reog-reog tersebut berjalan perlahan. Musik gamelan ikut mengiringi puluhan reog. Keberadaan kesenian asli Indonesia itu mencuri perhatian para pendukung Jokowi-Ma'ruf.


Massa pendukung Jokowi-Ma'ruf pun terus memenuhi kawasan Senayan. Mereka yang masih berada di luar mulai masuk ke dalam SUGBK.


Spanduk partai politik pendukung dan relawan juga dipasang memenuhi kawasan SUGBK Senayan.

Spanduk yang dipasang di antaranya bertuliskan 'Aku Jokowi Lagi', Salam Satu Aspal, #BarengJokowi. Sementara itu bendera partai pendukung dipasang di pagar pembatas SUGBK.

Reog Ponorogo Ramaikan Kampanye Akbar Jokowi-Ma'ruf di GBKPara pendukung Jokowi menggelar konvoi dari Bundaran HI menuju GBK untuk meramaikan koser putih kampanye akbar Jokowi Maaruf Amin hari ini. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Terdapat juga puluhan stand makanan dan fasilitas musala, hingga toilet portabel. Pihak panitia juga menyediakan ratusan air mineral yang dibagikan gratis pada para pendukung Jokowi-Ma'ruf.

Sejumlah relawan juga terlihat berkeliling sambil membawa kantong plastik besar untuk mengambil sampah yang berserakan.

Kampanye akbar rencananya akan dimulai pukul 14.00 WIB. Jokowi sendiri dijadwalkan hadir sekitar pukul 16.00 WIB. Selain dari parpol, sejumlah artis juga bakal meramaikan kampanye yang bertajuk Konvensi Akbar Rakyat.


Sementara Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto mengatakan Jokowi-Ma'ruf memenangkan hati rakyat karena masyarakat datang sendiri tanpa dimobilisasi.

"Lihat saja kendaraannya mereka modifikasi dengan kreatif, baju-bajunya beragam. Ini menunjukkan keberagaman, kekuatan persatuan, kekuatan politik kebenaran. Karena Jokowi-Ma'ruf adalah orang baik," kata Hasto dalam keterangan tertulis.

Dia mengatakan TKN hanya bertugas mengatur penempatan massa. Menurut Hasto, Stadion Utama GBK menjadi tempat bagi masyarakat umum yang datang ke lokasi kampanye. Sementara, massa dari parpol akan mengalah dan diarahkan untuk hadir di lokasi karnaval dari Bunderan HI ke Stadion.

"Maka nanti di sepanjang Semanggi sampai HI, ada PDI Perjuangan di sebelah kiri, kanan ada Golkar, PKB, PPP, Perindo, dan yang lain," ujar Hasto.

(fra/pmg)