Massa Jokowi-Ma'ruf Sempat Luber Hingga Jalan Sudirman

Febri Ardani, CNN Indonesia | Sabtu, 13/04/2019 15:49 WIB
Massa Jokowi-Ma'ruf Sempat Luber Hingga Jalan Sudirman Massa pendukung calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin memenuhi jalan Sudirman, Jakarta, 13 April 2019. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aliran massa pendukung pasangan calon presiden Joko Widodo dan wakil presiden Amin Ma'ruf masih berdatangan ke kampanye akbar yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu (13/4). Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, massa sempat luber hingga memenuhi jalan Jendral Sudirman.

Puncak keramaian di jalan Jendral Sudirman terjadi pada pukul 12.00 - 13.00 WIB. Saat itu mobil, sepeda motor, bus, dan Transjakarta berbagi jalan bersama massa yang di antaranya terdiri dari orang-orang beratribut serta ibu dengan anak.


Massa Jokowi-Ma'ruf Sempat Luber Hingga Jalan SudirmanPendukung pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin mengikuti Konser Putih Bersatu dalam rangka kampanye akbar pasangan pasangan tersebut di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (13/4/2019). (Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Banyaknya aktivitas di jalan bikin kondisi lalu lintas macet, sebab kendaraan yang bukan pendukung acara ini juga ramai. Selain itu, bus Transjakarta terpantau tidak berada di busway melainkan bergabung di jalan umum.


Setelah 14.00 WIB, kepadatan di jalan Jendral Sudirman berangsur reda. Meski begitu lalu lintas terpantau masih padat merayap.

Konsentrasi massa pendukung Jokowi-Ma'ruf kini berada di dalam SUGBK. Stadion terbesar di Indonesia ini sudah berubah menjadi lautan manusia dan masih banyak massa yang tidak diizinkan masuk.

Ramai massa berpakaian putih juga diketahui ramai di luar kompleks SUGBK. Di pinggir jalan ada banyak kendaraan parkir yang bikin arus lalu lintas tersendat.

Menurut jadwal kampanye akbar akan dimulai pada 14.00 WIB dan Jokowi diketahui sudah sampai di SUGBK pada 15.20 WIB. Rencananya Jokowi akan muncul pada sekitar 16.00 WIB.

Kampanye akbar di SUGBK ini merupakan sesi penutup dari seluruh rangkaian kampanye Jokowi-Ma'aruf untuk Pemilihan Presiden yang akan digelar pada 17 April. Setelah kampanye Jokowi bakal menghadiri program debat dengan calon presiden lainnya, Prabowo Subianto, pada 20.00 WIB. (fea)