Pelapor Akan Seret Andre Taulany Jika Bohong soal Peretasan

CNN Indonesia | Jumat, 26/04/2019 15:50 WIB
Pelapor Akan Seret Andre Taulany Jika Bohong soal Peretasan Pelapor Andre Taulany dan Erin Taulany. (CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang pengacara bernama Muhammad Firdaus Oiwobo menegaskan akan menyeret Andre Taulany ke ranah hukum jika berbohong soal pengakuan peretasan akun instagram milik istrinya, Erin Taulany. Bahkan dia berharap kedua orang tersebut dapat menjadi tersangka.

"Ketika Polda Metro Jaya bilang akun ini tidak diretas saya akan melaporkan Andre Taulany, karena ancaman hukumannya sama dengan istrinya enam tahun. Saya minta Polda Metro Jaya untuk menahan kedua orang ini kalau seandainya terbukti melakukan pelanggaran pidana UU ITE," ujarnya di Polda Metro Jaya sebelum diperiksa polisi, Jumat (26/4).

Namun jika akun Erin terbukti diretas, maka Firdaus akan meminta supaya polisi mencari orang yang meretas akun tersebut. Meski demikian dia mengaku akan menunggu keterangan dari polisi apakah benar akun tersebut diretas atau tidak.


Meski demikian, Firdaus meyakini jika akun Erin tidak diretas. Keyakinannya itu karena beberapa saat usai mengunggah foto calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto di akun instagram story @erintaulany dengan keterangan 'gila', akun tersebut masih mengunggah kegiatan makan-makan keluarga yang dilakukan.


Firdaus kemudian ingin agar polisi menetapkan keduanya menjadi tersangka jika terbukti bersalah.

"Iya (Erin) sampai jadi tersangka, bahkan Andrenya pun saya ingin jadikan tersangka kalau dia melakukan berita bohong. Saya akan menjadikan dia tersangka nanti," ujarnya.

Tak Ingin Dihentikan

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan mengatakan laporan yang dilayangkan oleh Firdaus akan dihentikan jika terbukti akun @erintaulany diretas. Alasannya karena tidak ditemukan niat dan kesengajaan untuk melakukan pencemaran nama baik seperti yang dituduhkan.

"Nanti kita lihat apakah wujud penghackeran itu ada kalau memang ada nanti kita publish, kita kasih tahu kalau ada wujud penghackan terhadap akun milik istrinya, karena kan wujud perbuatan itu dengan sengaja, kalau memang tidak ada niat dan kesengajaan dari si pelaku, dalam hal ini yang dituduhkan adalah istri Andre Taulany, ya tidak bisa kita lanjutkan," ujarnya di Polda Metro Jaya, Jumat (26/4).


Namun Firdaus tidak terima jika itu dilakukan. Menurut dia polisi harus mencari tahu siapa yang melakukan peretasan dan telah mencemarkan nama Prabowo Subianto tersebut.

"Iya itu (yang meretas) dipanggil. Kita kasih keleluasaan kepada polisi supaya ada tersangka dalam kasus ini. Kalau ini dihentikan kita juga tidak terima," tuturnya.

[Gambas:Video CNN] (gst/DAL)