Moeldoko: Presiden Ingin Rangkul Semua, Termasuk Said Iqbal

CNN Indonesia | Jumat, 26/04/2019 17:58 WIB
Moeldoko: Presiden Ingin Rangkul Semua, Termasuk Said Iqbal Presiden Joko Widodo. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin merangkul semua pihak usai gelaran Pemilu 2019, termasuk merangkul Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Said Iqbal.

Said Iqbal hadir dalam pertemuan antara Jokowi dengan pemimpin organisasi buruh di Istana Kepresidenan Bogor. Moeldoko pun hadir dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut.

"Ya tadi kebetulan saya mendampingi beliau, ada Mas Said Iqbal di situ. Intinya pemerintah saat ini ingin merangkul semuanya," kata Moeldoko di kantornya, Jakarta, Jumat (26/4).


Moeldoko mengungkapkan pertemuan Jokowi dengan pemimpin organisasi buruh berlangsung cair. Kata Moeldoko dalam pertemuan itu Siad Iqbal dan pemimpin organisasi buruh lainnya turut menyampaikan pendapat.

"Akrab sekali, sangat akrab, presiden lebih banyak mendengarkan. Pak Said Iqbal lebih banyak bicara dengan yang lain-lain. Enggak ada suasana yang tegang-tegang," ujarnya.

Saat disinggung kehadiran Siad Iqbal sinyal dukungan kepada Jokowi, Moeldoko menjawab diplomatis. Menurutnya, akan ada suasana baru setelah pesta demokrasi lima tahunan.
Moeldoko: Presiden Ingin Rangkul Semua, Termasuk Said IqbalPresiden Jokowi saat bertemu perwakilan buruh Indonesia. (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

"Saya tidak mengatakan itu, yang jelas ada suasana baru," tuturnya.

Moeldoko mengatakan dalam pertemuan juga dibahas soal peringatan Hari Buruh Internasional, 1 Mei mendatang. Menurutnya, Said Iqbal turut menyampaikan rencana pihaknya turun ke jalan saat Hari Buruh nanti

Pensiunan jenderal bintang empat itu mengatakan bahwa gerakan buruh saat Hari Buruh nanti akan dilaksanakan di Jakarta dan Bandung.

"Mas Iqbal akan buat gerakan di Jakarta silakan sepanjang itu baik-baik saja. Nanti yang lain membuat kegiatan di Bandung, oke silakan," ujarnya.

Kehadiran Said Iqbal dalam pertemuan Jokowi dengan pemimpin organisasi buruh menarik perhatian. Said Iqbal merupakan pendukung pasangan calon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Ia juga terbilang salah satu yang keras mengkritik pemerintah Jokowi (fra/wis)