Airlangga: Golkar Siap Bersaing untuk Kursi Ketua MPR

CNN Indonesia | Minggu, 19/05/2019 21:16 WIB
Airlangga: Golkar Siap Bersaing untuk Kursi Ketua MPR Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato menyatakan kesiapan partainya untuk bersaing dalam perebutan jabatan Ketua MPR periode 2019-2024.

Menurutnya, merupakan hal yang wajar bila pihaknya kelak mengajukan paket pimpinan MPR periode 2019-2024 dengan komposisi Golkar sebagai ketua.

Namun, Airlangga sempat menyebut nama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebelum menyampaikan kesiapan partainya untuk merebut kursi Ketua MPR periode mendatang. 



"Ini seizin Muhaimin Iskandar, apabila dalam nanti dalam pemilihan Ketua MPR yang dipilih dalam sistem paket, paket Koalisi Indonesia Kerja, wajar juga mengusung paket dengan Ketua MPR dari Partai Golkar," kata Airlangga saat berpidato dalam acara buka puasa antara DPP Partai Golkar dengan Presiden Joko Widodo di Hotel Sultan, Jakarta pada Minggu (19/5).



Pria yang juga dikenal sebagai Menteri Perindustrian itu pun sempat menyinggung komposisi pimpinan DPR periode 2019-2024. Dia mengatakan dalam konteks kesantunan politik maka telah jelas bahwa partai politik pemenang pemilu akan menjadi Ketua DPR. 


"Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan [atau] PDIP, dan wakilnya secara berurutan," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan sejumlah media bahwa Cak Imin menyebut nama Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) yang juga caleg dari PDIP Puan Maharani cocok jadi Ketua DPR periode mendatang.

Namun, menurutnya, PKB juga ingin menempatkan diri menjadi kepala lembaga tinggi negara.

"Mbak Puan Ketua DPR insyaallah saya Ketua MPR," ucap Cak Imin kepada wartawan di Rumah Dinas Wakil Ketua MPR, Jalan Widya Chandra IV, Jakarta Selatan, Sabtu (18/5).

(mts/sur)