Amien Rais Dipanggil Jadi Saksi Dugaan Makar People Power

CNN Indonesia | Senin, 20/05/2019 07:41 WIB
Amien Rais Dipanggil Jadi Saksi Dugaan Makar People Power Amien Rais dipanggil polisi untuk diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Eggi Sudjana yang terjerat kasus dugaan makar atas seruannya soal People Power. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya memanggil Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais untuk dimintai keterangannya pada hari ini.

Amien Rais bakal diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Eggi Sudjana dalam kasus dugaan makar. Amien diagendakan menjalani pemeriksaan sekitar pukul 10.00 WIB di Polda Metro Jaya.

"Ya agendanya demikian (pemeriksaan terhadap Amien)," kata Argo saat dikonfirmasi, Senin (20/5).

Argo tak menjelaskan secara detail keterangan apa saja yang akan digali dari Amien dalam pemeriksaan kali ini.


Selain itu, ia juga belum bisa memastikan apakah Amien akan hadir memenuhi panggilan tersebut atau tidak.

"Kita tunggu saja," ujarnya.

Sebelumnya, penyidik juga telah memeriksa mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kas Kostrad) Kivlan Zen sebagai saksi tersangka dugaan makar Eggi Sudjana, Jumat (17/5).

Saat itu, Kivlan mengaku dicecar 51 pertanyaan oleh penyidik. Ia mengatakan pertanyaan penyidik terkait dengan video Eggi yang menyatakan soal people power.

"Pertanyaan sekitar apa yang dilaporkan soal video viral itu persis," ujarnya di Mapolda Metro Jaya.

Polisi telah menetapkan Eggi Sudjana sebagai tersangka dugaan makar dan telah resmi ditahan sejak Selasa (14/5) pukul 23.00 WIB.

Meski demikian, Eggi menolak untuk ditahan karena sejumlah alasan seperti alasan penahanan yang dinilai janggal, profesinya sebagai pengacara dan sejumlah saksi yang belum diperiksa.

Penahanan terhadap Eggi berdasarkan pada Surat Perintah Penahanan Nomor: SP.HAN/587/V/2019/Ditreskrimum tanggal 14 Mei 2019. (dis/gil)