LIPUTAN KHUSUS

Berkah Hijrah Versi Artis dan Influencer Instagram

CNN Indonesia | Senin, 08/07/2019 13:25 WIB
Proses hijrah membuat beberapa artis ibu kota tetap berakting dan berbisnis namun tetap mengusung konsep syar'i dan mengandung dakwah di dalamnya.(ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kasus penodaan agama yang menjerat mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok rupanya menarik selebritas Mario Irwinsyah untuk mempelajari Islam lebih jauh. Ahok diketahui terlibat kasus penodaan agama akibat ucapannya atas Surat Al Maidah ayat 51 saat berpidato di Kepulauan Seribu pada 2016 silam.

Mario saat itu mengaku tersentil lantaran tak tahu apa-apa soal surat dalam Al quran yang menjelaskan tentang memilih pemimpin itu. Sebagai orang yang memeluk Islam sejak lahir, ia 'minder' dengan sosok Ahok yang Nasrani namun dianggap lebih tahu tentang ayat Al quran.

"Gue sebenarnya enggak peduli tentang politik. Tapi suatu hari, yang gue enggak terima itu kok Ahok bisa ngomong Al Maidah ayat 51 tapi gue enggak tahu. Dia Kristen, gue Islam, dia tahu isinya Al Maidah ayat 51 tapi gue enggak," ujar Mario saat ditemui CNNIndonesia.com pada April lalu di Jakarta.


Meski bukan faktor utama, pria yang membintangi belasan judul film sejak remaja ini tak menampik kasus Ahok menjadi salah satu pemicunya dalam proses berhijrah.

Mario sendiri mengaku tak mempermasalahkan ucapan Ahok yang berbuntut dua tahun penjara itu.

Sikap Ahok tersebut justru membuat Mario sadar bahwa pengetahuannya soal Islam selama ini masih sangat minim.

"Ini bukan tentang perkataannya ya, dia sudah dihukum dan sudah selesai. Gue juga bukan orang yang ikut demo 212 menuntut dia. Tapi kok seorang Nasrani bisa ngomong Al Maidah ayat 51 terus gue orang Islam enggak tahu isinya, gue merasa goblok banget," katanya.

"Pas gue buka apa isinya, astaghfirullah dari situ gue banyak yang enggak tahu," imbuh Mario.

Mario belakangan memang dikenal sebagai salah satu selebritas yang hijrah. Ia aktif dalam kajian bersama rekan sesama selebritas seperti Teuku Wisnu, Arie Untung, Irwansyah, dan beberapa selebritas lainnya.

Mereka memiliki kelompok kajian yang dinamai muda, sakinah, mawwada, warahmah atau lebih dikenal kajian musawarah. Salah satu ustaz kondang Abdul Somad diketahui kerap mengisi kajian tersebut. Mario mengakui kajian musyawah bersifat ekslusif dan tidak bisa diliput.

"Soalnya ada beberapa rekan artis yang enggak mau di-publish kalau mereka sudah berhijrah," kata Mario.

Seiring proses hijrahnya tersebut, penampilan Mario turut berubah. Putra sutradara Irwinsyah dan aktris Ida Leman itu kini berjenggot, bercelana cingkrang atau isbal, dan kerap tampil menggunakan peci. Di akun instagram, Mario juga aktif membagikan unggahan bermuatan dakwah.

Meski sudah berhijrah, Mario tak meninggalkan dunia hiburan yang telah membesarkan namanya. Ia tetap menerima tawaran menjadi presenter maupun berakting dalam film, hanya saja lebih selektif.

"Dalilnya seni peran itu ada lho, bagaimana Rasulullah pernah mengajarkan adegan salat kepada sahabat-sahabatnya. Jadi gue masih syuting tapi gimana cara syutingnya tetap halal. Harus dilihat konteksnya, bukan situasinya," tutur Mario.

Mengikuti jejak artis yang sudah berhijrah dan berbisnis di bidang kuliner maupun baju syar'i, Mario kini juga menjalankan bisnis berupa tayangan anak-anak Nussa Rara. Film animasi dengan tokoh anak-anak ini diklaim sebagai sarana dakwah yang mulai populer usai serialnya tayang di akun YouTube Nussa Official. Hingga kini akun YouTube Nussa Rara telah memiliki lebih dari tiga juta pengikut.

"Nussa Rara ini sebenarnya salah satu contoh lo bekerja sambil berbisnis yang ada muatan Islamnya. Rezeki Allah sudah diatur, jadi jangan ada anggapan lagi kalau hijrah terus bisa melarat," ucap Mario.

Mario mengatakan istrinya yang juga selebritas, Ratu Anandita lebih dulu berhijrah dan mengenakan hijab. Proses hijrah Mario dan istrinya pun bukannya tanpa hambatan. Ia dan istrinya pernah dituduh bagian dari sekte lantaran diduga memengaruhi istri Arie Untung, Fenita Arie, untuk berhijrah. Padahal menurutnya hijrah Fenita berasal dari keinginan sendiri tanpa ada pengaruh dari dirinya maupun Anandita.

"Dulu pernah gue sama istri dibilang memengaruhi Fenita. Katanya 'tuh Mario sama Dita sekte lihat Fenita jadi hijrah'. Ada saja setan dalam wujud manusia di proses hijrah kita," ungkapnya.

(psp/DAL)
1 dari 2