Kendaraan Pribadi Dilarang Masuk Ragunan Jika Macet Parah

CNN Indonesia | Kamis, 06/06/2019 11:16 WIB
Kendaraan Pribadi Dilarang Masuk Ragunan Jika Macet Parah Kendaraan pribadi akan dilarang masuk ragunan jika macer parah karena libur lebaran. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan rekayasa lalu lintas di Jalan HM Harsono, akses menuju Kebun Binatang Ragunan, Jakarta untuk mengantisipasi kemacetan. Setiap libur lebaran, kawasan wisata ini selalu macet karena pengunjung membludak.

Salah satu rekayasa yang disiapkan adalah melarang kendaraan pribadi masuk ke Jalan HM Harsono. Sejumlah kantong parkir di siapkan untuk menampung mobil dan motor milik pengunjung.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan kemacetan kerap terjadi selain karena banyaknya pengunjung juga karena banyak kendaraan berhenti di sembarangan tempat.


"Ini karena kemacetan sering tak terhindarkan di Taman Margasatwa Pintu Barat di Cilandak dan Pintu Utara dari arah Kementerian Pertanian. Belum lagi kendaraan yang berhenti sembarangan di tepi jalan HM Harsono," kata Sigit kepada CNNIndonesia.com, Kamis (6/6).

Dari data Dishub, jumlah kendaraan tertinggi pada Idul Fitri tahun 2018 adalah sebanyak 23.762 kendaraan dengan total pengunjung 152.072 pengunjung.

Karena itu, Dishub sudah mengkondisikan sejumlah kantong parkir untuk mobil dan motor. Untuk motor setidaknya mampu menampung 39.900 unit dan parkir mobil muat sebanyak 6.175 unit.
Kendaraan Pribadi Dilarang Masuk Ragunan Jika Macet ParahPengunjung Ragunan membludak saat libur lebaran. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Adapun titik lokasi parkiran mobil yang diarahkan adalah pintu parkir utara, pintu Taman kemenyan, pintu depan belakang Zoo Mart, pintu gedung serbaguna, pintu Sentral Area dan pintu depan orang utan baru dan lapangan Komodo Bundar.

Kemudian parkiran tersedia di sekitaran kuliner, pintu Samping Mesjid, Pintu Range Kuda, seputaran keswan, pintu depan keramat dan pintu belakang kandang harimau.

Sementara untuk parkir motor yang tersedia ialah Motor Areal Parkir Mobil Utara, pintu motor utara, seputaran area kandang kuda nil, parkiran pintu barat, pintu timur sisi kiri, sisi kanan, kandang rusa timur serta Lapangan Kasuari.

Ada dua rekayasa lalulintas yang dilakukan. Pertama, dimaksimalkan jalan samping GOR Ragunan dipergunakan untuk sepeda motor dengan sisten satu arah menuju Jalan Kebagusan. Untuk akses keluar diarahkan ke arah Utara Jalan RM Harsono.

"Jika parkiran sudah penuh, maka Jalan RM Harsono akan ditutup. Warga akan memarkirkan kendaraan di Kementerian Pertanian dan melanjutkan menggunakan bus atau jalan kaki," tutup Sigit.

Bus gratis juga disediakan oleh TransJakarta untuk mengangkut pejalan kaki dari Kementerian Pertanian ke Kebun Binatang Ragunan.

Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan bus yang disediakan adalah bus model jenis Metrotrans yang biasa dipakai TransJakarta.

"Bus yang disediakan kapasitas 68 orang yang terdiri 41 tempat duduk melayani masyarakat yang akan berwisata ke Taman Margasatwa Ragunan," kata Agung.

Bus tersedia mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB. Masyarakat yang ingin berwisata di Kawasan Taman Margasatwa Ragunan dapat menggunakan layanan ini mulai tanggal 6 Juni 2019 hingga 9 Juni 2019. (gst/sur)