Jalur Alternatif Kawasan Puncak saat One Way Libur Lebaran

CNN Indonesia | Kamis, 06/06/2019 10:43 WIB
Jalur Alternatif Kawasan Puncak saat One Way Libur Lebaran Antrean kendaraan wisatawan menuju jalur Puncak, Gadog, Bogor. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari kedua Lebaran 2019 diberlakukan sistem satu arah atau one way di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Ada pula jalur alternatif bagi para pengendara yang ingin menuju Cianjur maupun Bandung.

Polres Bogor menginformasikan jalur alternatif tersebut sebagai bagian dari Operasi Ketupat Lodaya 2019.

Bagi para pengendara dari arah Jakarta yang akan menuju Cianjur atau Bandung melalui Ciawi, maka jalur alternatif yang bisa ditempuh yaitu melalui Caringin, Cijeruk, Cicurug, Cibadak, Kota Sukabumi, dan keluar Cianjur.


Jarak tempuh yang dilalui pengendara melalui jalur ini yaitu 88,6 kilometer, dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 3 jam 41 menit.


Sementara bagi pengendara yang berangkat dari kawasan Cibubur menuju Cianjur atau Bandung, jalur alternatif yang bisa dilalui yaitu melalui Cileungsi, Jonggol, Cariu, Cikalong, dan Cianjur.

Jalur alternatif ini memakan waktu tempuh sekitar 2 jam 45 menit dengan jarak tempuh 86,1 kilometer.

TMC Polres bogor menginformasikan saat ini jalur one way di Jalur Puncak terpantau padat bagi kendaraan yang datang dari arah Jakarta melalui Ciawi menuju Cianjur.

"Sementara masih situasional karena yang mengarah puncak masih padat," kata demikian dikutip dari akun resmi Twitter TMC Polres Bogor, Kamis (6/6), menjawab pertanyaan warganet tentang jalur one way dari arah Cianjur ke Jakarta.


"Info jalur Puncak hari Kamis tanggal 06 Juni 2019 jam 07.32 WIB, saat ini secara keseluruhan Jalur Puncak satu arah ke atas (Jakarta-Puncak)," tulis akun @TMCPolres Bogor.

Sementara akun resmi Twitter Jasa Marga mengabarkan, sekitar pukul 10.09 WIB Tol Jagorawi diberlakukan contraflow dari arah Jakarta di lajur kanan. Para pengendara yang berangkat dari Ciawi KM 46+ 500 hingga KM 45 arah Jakarta diminta berhati-hati dan menggunakan lajur kiri.

"10.09 WIB #Tol_Jagorawi Puncak diberlakukan satu arah prioritas naik," tulis akun @PTJASAMARGA.

Sistem one way di kawasan Puncak diberlakukan mulai Kamis (6/6) hingga Minggu (9/6). Pada pagi hingga siang, yaitu pukul 08.00-11.00 WIB, diprioritaskan bagi kendaraan yang naik. Sementara untuk siang hingga sore hari, dari pukul 14,00-18.00 WIB, diprioritaskan bagi kendaraan yang turun.

Jadwal tersebut sewaktu-waktu bisa berubah menyesuaikan kondisi lalu lintas pada hari itu. Sistem one way ini untuk mengantisipasi kemacetan pengunjung yang melalui jalur Puncak pada musim libur Lebaran 2019.


[Gambas:Video CNN] (pmg/sur)