Polisi Bentuk Tim Antisipasi Pencurian Rumah saat Lebaran

CNN Indonesia | Jumat, 07/06/2019 02:40 WIB
Polisi Bentuk Tim Antisipasi Pencurian Rumah saat Lebaran Ilustrasi rumah kosong. (CNN Indonesia/ Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polres Metro Jakarta Selatan membentuk satuan tugas (satgas) untuk mengantisipasi kejahatan pembobolan rumah kosong selama libur Lebaran 2019.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar mengatakan satgas itu juga dibentuk untuk mengurangi kekhawatiran warga yang meninggalkan rumahnya untuk mudik ataupun berlibur.

Indra menuturkan dengan satgas tersebut diharapkan memudahkan komunikasi dan koordinasi semua unsur di masyarakat. Mulai dari RT, RW, polisi, TNI, hingga tokoh masyarakat. Satgas itu, lanjutnya, disiapkan di setiap kelurahan.


"Bersama-sama bahu-membahu untuk berkoordinasi, berkomunikasi dalam rangka mengamankan rumah yang ditinggal penghuninya," kata Indra saat dikonfirmasi, Kamis (6/6).


Indra mengungkapkan pihaknya juga telah melakukan pemetaan wilayah mana saja yang dianggap rawan terhadap kejahatan rumah kosong.

Meski begitu, disampaikan Indra, pihaknya tetap melakukan pengamanan di seluruh wilayah Jaksel.

"Kita jangan tebang pilih semuanya harus kita amankan perumahan, komplek maupun yang padat penduduk, padat penduduk kan penting juga," ujarnya.

Indra menyampaikan sampai saat ini ada sejumlah wilayah di Jaksel yang belum dilengkapi dengan CCTV. Untuk daerah tersebut, Indra berharap agar tokoh masyarakat setempat bisa segera mengupayakan pemasangan CCTV untuk memudahkan pengamanan.


Lebih lanjut, kata Indra, pihaknya telah mengimbau kepada warga untuk memperhatikan sejumlah hal sebelum meninggalkan rumah. Mulai dari pengamanan hingga sistem kelistrikan.

"Kunci-kunci pintu dan sebagainya kan gitu, kemudian kompor itu hal-hal kecil tapi kan rawan, sangat rawan. Mereka meninggalkan betul dalam keadaan aman," ucap Indra. (dis/pmg)