PPP Gelar Mukernas 19 Juli, Bahas Persiapan Pemilihan Ketum

CNN Indonesia | Kamis, 11/07/2019 08:59 WIB
PPP Gelar Mukernas 19 Juli, Bahas Persiapan Pemilihan Ketum Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dijadwalkan menggelar musyawarah kerja nasional (Mukernas) ke-IV pada 19-20 Juli 2019 mendatang di Hotel Ledian, Serang, Banten.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi menjelaskan bahwa Mukernas merupakan forum permusyawaratan tertinggi kedua bagi kader PPP setelah Muktamar.

Ia mengatakan agenda Mukernas itu akan membahas mengenai evaluasi penyelenggaraan hasil Pemilu 2019 dan konsolidasi internal PPP.


"Dalam Mukernas akan dibahas persoalan internal khususnya terkait konsolidasi dan evaluasi penyelenggaraan-hasil pemilu 2019," kata Baidowi kepada CNNIndonesia.com, Kamis (11/7).
Selain itu, Baidowi mengatakan dalam forum Mukernas PPP nantinya para kader akan dijamin aspirasinya untuk menentukan jadwal penyelenggaraan Muktamar selanjutnya.

Muktamar PPP merupakan forum tertinggi pengambilan keputusan partai untuk memilih ketua umum definitif.

Diketahui, saat ini PPP dipimpin oleh Suharso Monoarfa yang statusnya masih pelaksana tugas (Plt) ketua umum. Suharso menggantikan Romahurmuziy yang ditetapkan oleh KPK sebagai tersangka kasus jual beli jabatan di Kementerian Agama. Belakangan, Suharso Monoarfa bersama jajaran pengurus PPP juga telah menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7).

"[Penentuan Muktamar selanjutnya] Bergantung aspirasi forum [Mukernas]," kata dia.
Lebih lanjut, Suharso mengatakan para peserta Mukernas sendiri akan dihadiri oleh pengurus harian DPP PPP dan 34 Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PPP seluruh Indonesia.

Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani yang ikut dalam rombongan mengatakan pertemuan itu menyampaikan agenda Mukernas yang akan digelar pekan depan.

Menurut Arsul, dalam Mukernas akan diputuskan apakah penyelenggaraan Muktamar digelar untuk memutuskan butuh atau tidaknya percepatan pemilihan ketua umum PPP definitif.
[Gambas:Video CNN] (rzr/ain)